Nasib Tragis Leicester City, Mantan Juara Premier League yang di Ambang Degradasi

Pemain Leicester City James Maddison
Sumber :
  • Tim Goode/PA via AP

VIVA Bola – Nasib tragis dialami Leicester City. Dari tim juara Premier League, kini malah menjadi pesakitan dan di ambang degradasi.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Leicester menciptakan dongeng di musim 2015/16. Dilatih Claudio Ranieri, The Foxes menciptakan keajaiban dengan menjuarai Premier League.

Leicester City juara Premier League 2015/16.

Photo :
  • AP Photo/Matt Dunham
Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Setelah sukses tersebut, Leicester masih menjadi sandungan bagi tim-tim besar. Mereka bahkan mampu menembus perempatfinal Liga Champions musim 2016/17 dan semifinal Liga Konferensi Eropa pada 2021/22.

Leicester juga sukses menambah satu trofi lagi setelah dongeng di musim 2015/16. The Foxes menjuarai Piala FA 2020/21 dengan menekuk Chelsea 1-0 dalam laga final di Wembley.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Namun, kini sejumlah catatan sejarah tersebut sirna. Leicester terancam degradasi ke Championship untuk kali pertama dalam sembilan musim terakhir.

Leicester terpuruk di posisi 19 klasemen Premier League dengan 25 poin dari 30 pertandingan. Mereka berjarak dua angka dari Everton yang menempati zona aman.

Ganti Manajer

Pergantian manajer dilakukan Leicester. Mereka memecat Brendan Rodgers dan merekrut Dean Smith sebagai manajer sementara hingga akhir musim.

Penunjukan Smith terjadi setelah kekalahan kandang 1-0 Leicester dari Bournemouth, kekalahan liga ke-19 mereka musim ini. Klub East Midlands itu hanya mampu mengoleksi 25 poin setelah 30 pertandingan, terpaut dua poin dari zona aman.

Dean Smith mengatakan bahwa dia senang memiliki kesempatan untuk melatih Leicester, meski hanya sampai akhir musim ini.

"Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk memimpin tim selama pekan-pekan terakhir musim ini," kata Dean Smith dilansir situs resmi Leicester.

Newcastle United vs Leicester City

Photo :
  • Owen Humphreys/PA via AP

"Tantangan di depan kami sudah jelas, tetapi dengan pengalaman saya, tim pelatih, kualitas dalam skuad ini dan jumlah pertandingan yang tersisa, itu (bertahan di Premier League) sangat bisa dicapai."

Pertandingan pertama Smith bersama Leicester adalah bertandang ke markas Manchester City pada Sabtu 15 April 2023. The Foxes belum pernah memenangkan pertandingan di semua kompetisi sejak 11 Februari.

"Pekerjaan pertama kami adalah membangun kembali kepercayaan diri dan menanamkan kepercayaan pada tim dan saya menantikan untuk bekerja dengan para pemain minggu ini," tambah Smith.

"Sabtu akan menjadi ujian besar, tetapi ini adalah kesempatan yang mengingatkan kita semua apa artinya menjadi klub Liga Premier Inggris, bersaing di panggung terbesar melawan pemain terbaik di dunia."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya