Juergen Klopp Puji Jebolan J League di Liverpool

Gelandang Liverpool, Wataru Endo
Sumber :
  • twitter.com/LFC

Inggris – Liverpool membeli Wataru Endo dari Stuttgart. Jebolan J League itu mendapat pujian dari Juergen Klopp. Dia menyebut sang pemain seperti monster ketika berada di atas lapangan.

Arsenal Terbantu Buntunya Manchester United

Dengan tubuh yang tidak tinggi, tapi sebagai gelandang bertahan, Wataru Endo tangguh saat berduel di udara. Secara taktikal pun, pemain berusia 30 tahun sangat cerdas.

"Dia adalah pesepakbola yang sangat bagus. Dengan tinggi badan 178 cm, tapi melompat melewati langit-langit, sangat bagus di udara dan umumnya bertahan. Secara taktik sangat cerdas," kata Klopp, dikutip dari Tribal Football.

Arsenal Berharap 'Bantuan' Rival untuk Jegal Man City

Manajer Liverpool, Juergen Klopp

Photo :
  • Peter Byrne/PA via AP

Di usia 30 tahun dan memikat menurut Klopp, perkembangan Endo tidak maksimal. Tapi dia tak berhenti untuk berjuang hingga merantau ke Eropa untuk meniti karier.

Jawaban Sinis Erik ten Hag

"Dia terlambat berkembang. Dia telah meningkat setiap tahun sejak dia berada di layar sepakbola yang tepat. Ketika dia datang ke Eropa, itu tidak mudah," tutur Klopp.

"Sekarang dia memiliki 50 pertandingan untuk Timnas Jepang, dan saya tidak tahu berapa banyak untuk Stuttgart. Di lapangan, dia berubah menjadi monster sungguhan," imbuhnya.

Wataru Endo saat main di Stuttgart

Photo :
  • twitter.com/wataru0209

Endo memulai kariernya bersama Shonan Bellmare sejak 2011. Lima tahun dia bermain di sana, hingga akhirnya direkrut oleh Urawa Red Diamonds.

Baru pada 2019 Endo merantau ke Eropa. Klub Belgia, Sint-Truiden yang merekrutnya. Setahun berselang dia dipinjamkan ke VfB Stuttgart, dan dipermanenkan pada 2020.

Tiga tahun bermain di Bundesliga, akhirnya Endo merambah ke Premier League. Musim ini jadi penentuan baginya untuk membuktikan diri layak jadi bagian tim berjuluk The Reds.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya