Ferguson: Guardiola Menolak, MU Terpaksa Pilih Moyes

Sir Alex Ferguson
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Keputusan mengejutkan diambil manajemen Manchester United saat Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun. Setan Merah akhirnya menunjuk David Moyes sebagai suksesor Ferguson.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Hasilnya? Berantakan. Moyes gagal total. Dia akhirnya dipecat setelah menangani MU dalam hitungan bulan.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


(Baca juga: Anthony Martial Cemerlang, Apa Kata Sir Alex Ferguson)


Setelah sekian lama, Ferguson akhirnya angkat bicara bahwa Moyes bukanlah pilihan utama sebagai suksesornya. Pelatih legendaris itu ternyata lebih memilih Pep Guardiola sebagai penggantinya.


Sayangnya, tawaran dari Ferguson ditolak oleh pria asal Spanyol tersebut. Guardiola lebih memilih untuk menangani Bayern Munich yang ditinggal Jupp Heynckes.


"Saya meminta Pep untuk menelepon saya sebelum menerima tawaran dari klub lain. Tapi, dia tak melakukannya dan memilih gabung dengan Bayern Munich pada Juli 2013," tulis Ferguson dalam buku barunya, Leading, seperti dilansir Sportsmole.


"Hidup itu seperti hal terbaik dari teori, atau yang terbaik dari niat, tak diterjemahkan ke dalam praktek. Percayalah, petinggi MU ingin memilih manajer yang akan bertahan di klub untuk waktu yang lama. Ketika kami memulai proses pencarian pengganti saya, kami menetapkan beberapa kandidat yang sangat diinginkan, tapi tidak tersedia," ia menambahkan.


Untuk alasan itulah, pria 73 tahun itu bersama manajemen MU akhirnya memilih Moyes. Sebab, saat itu hanya Moyes yang bersedia untuk bergabung. Sayangnya, keputusan itu salah.


Namun, bagi Ferguson pemilihan Moyes bukan sesuatu yang patut dipersalahkan. Pasalnya, penunjukan sang suksesor sudah melalui proses yang sempurna.


"Kami memilih Moyes. Dia telah konsisten dengan pekerjaannya di Everton, dan menunjukkan nafsu untuk juara. Ketika kami menunjuknya, media sangat antusias. Sayangnya, itu tak bekerja dengan baik untuk Moyes," tutur Ferguson. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya