Jika Ingin Juara, Liverpool Harus Perhatikan 3 Hal Ini

Manajer Liverpool, Juergen Klopp
Sumber :
  • Reuters / Michael Dalder

VIVA.co.id – Dengan keberadaan Juergen Klopp sebagai nakhoda tim, dipercaya mantan penjaga gawang Liverpool, David James, sebagai faktor yang bisa membawa kesuksesan The Reds di musim mendatang.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola, Ada Liverpool hingga MU Vs Tottenham

James menjadi kiper kepercayaan Liverpool medio 1992-1999, di mana dia memainkan 214 pertandingan, dan mengantarkan klub asal kota pelabuhan tersebut meraih titel Piala Liga tahun 2005.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan Klopp sebagai pelatih, bila ingin melihat Liverpool menjuarai liga musim depan. Pertama adalah meningkatkan fokus tim, kebijakan belanja pemain, dan metode kepelatihan ala Klopp sendiri.

Negosiasi Kontrak Mohamed Salah Belum Temui Titik Terang

"Fokus tim harus tetap terjaga, karena mereka tidak bermain di kompetisi Eropa. Leicester bisa juara, karena mereka sangat fokus di Premier League. Liverpool harus ambil pelajaran dari hal tersebut," kata James kepada HITC.

"Saya rasa, musim depan akan bagus untuk Klopp. Pembelian pemain juga mendukung kinerja dan kualitas sebuah tim. Ditambah, metode kepelatihannya di sesi latihan tim. Bila berjalan optimal, Liverpool bisa berada di posisi sebagai penantang gelar," sambungnya.

Kesalnya Lautaro Martinez saat Alexis Sanchez Dikartu Merah

Berbicara soal belanja pemain, banyak media mengatakan, kalau hubungan Klopp dengan mantan klubnya, Borussia Dortmund, serta pemahamannya tentang Bundesliga, akan membuka potensinya untuk membawa beberapa pemain dari liga tersebut ke Anfield.

Namun, siapa pemain yang akan dibeli, belum menunjukkan tanda-tanda, hingga kini. Liverpool baru resmi mendatangkan kiper Loris Karius dari klub Jerman, Mainz. Nama Marco Reus dan Mario Goetze, masih terus dikaitkan, tetapi belum juga menemui kejelasan.

Kejelian Klopp melihat potensi pemain akan diuji. Sebab, Liga Inggris musim depan, dia akan beradu pintar meramu taktik dengan pelatih top dunia, semisal Pep Guardiola, Jose Mouriho, Antonio Conte, Arsene Wenger, Ronald Koeman, dan Mauricio Pocchetino.

Laporan: Anang Fajar Irawan (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya