Suka Duka Wasit Top Pimpin Pertandingan Premier League

Wasit asal Inggris, Howard Webb
Sumber :

VIVA.co.id – Siapa tak mengenal sosok Howard Webb, mantan wasit internasional asal Inggris. Berkiprah di ajang Premier League sejak tahun 2000 silam, pria berusia 45 tahun ini punya banyak pengalaman memimpin pertandingan tak hanya di Premier League tapi juga laga internasional.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Ngamuk ke Wasit

Webb memulai karier sebagai wasit di tahun 1996 di League Two (Divisi Empat Liga Inggris). Lisensi wasit profesional kemudian ia dapatkan di tahun 2000. Debutnya sebagai wasit Premier League, dilakoninya saat memimpin Pertandingan Fulham kontra Wolverhampton Wanderers di tahun 2003.

Kinerja yang tak kenal kompromi jadi pengadil di atas lapangan, membuat Webb jadi wakil Inggris di beberapa laga internasional. Mulai dari Liga Champions, Piala Eropa, hingga Piala Dunia.

Pelatih Persib Bandung Puji Kinerja Wasit

Puncak kariernya adalah saat Webb dipercaya untuk memimpin laga Belanda kontra Spanyol, di partai final Piala Dunia 2010.

Sederet pencapaian Webb merupakan buah dari pengalaman panjangnya di Premier League. Pria yang pernah berprofesi sebagai seorang Polisi di di wilayah South Yorkshire, bercerita tentang suka dukanya menjadi pengadil lapangan hijau.

Mulai Pekan 30, Liga 1 2021/22 Gunakan Asisten Wasit Tambahan

Ternyata, Webb sama sekali tak pernah bermimpi menjadi seorang wasit profesional. Ia justru punya keinginan besar untuk menjadi seorang pemain dan menjadi kapten tim dan meraih juara Piala Dunia.

"Saat saya masih kecil, saua ingin menjadi seorang pesepakbola. Saya ingin menjadi kapten tim dan menjuarai Piala Dunia. Tidak mudah bagi seorang anak di Inggris bukan?" kata Webb dikutip Telegraph.

"Saya tidak pernah menerima ancaman pemukulan, selain saat memimpin pertandingan anak-anak. Ada orang tua yang saat itu mengancam akan memukul saya. (Intimidasi manajer) beda manajer tentu beda pula karakternya. Mereka akan mencoba menyudutkan Anda. Banyak orang mengatakan sesuatu tentang saya (saat mengambil keputsan), saat mereka melihat sesuatu yang sebenarnya salah saat disaksikan di layar televisi," ujarnya.

Webb sendiri memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia wasit profesional di tahun 2014 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya