Sambut Ramadhan, Persib Gelar Tradisi Munggahan

Para pemain Persib Bandung dalam acara munggahan jelang Ramadahan
Sumber :

VIVA – Menyambut bulan Ramadhan, Persib Bandung menggelar tradisi munggahan di kawasan Kiara Condong, Bandung, Selasa 15 Mei 2018. 

Merayakan Ulang Tahun ke-89 Persib Bandung

Acara tersebut dihadiri seluruh pemain Persib termasuk empat penggawa asing nya yakni Ezechiel N'Douassel, Bojan Malisic, Jonathan Bauman dan In-Kyun Oh. 

Mereka terlihat lahap menikmati makanan yang disuguhkan manajer Persib, Umuh Muchtar. Mulai dari nasi tumpeng, gorengan tempe, perkedel hingga makanan khas Italia, spageti. 

Bangkit, Persib Sukses Bungkam Arema FC

Umuh mengungkapkan tradisi munggahan tersebut sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan. Datangnya bulan penuh berkah ini menjadi momen untuk memperbaiki diri supaya lebih baik. 

Perlu diketahui, munggahan sendiri berasal dari kata “munggah” yang berarti naik. Jadi, tradisi munggahan memiliki makna masyarakat Tatar Pasundan (Jawa Barat) semakin meningkat derajatnya dan meningkat keimnanannya di bulan Ramadhan, dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Persib Gusur Arema FC Setelah Libas Persiraja di Bawah Guyuran Hujan

"Untuk memohon kepada yang maha kuasa. Kita ingin mensucikan diri. Mudah-mudahan diberi yang terbaik. Terlebih untuk keselamatan serta keberkahan kedepannya," ujar Umuh.

"Puasa juga menyehatkan, tidak hanya sehat secara jasmani tapi juga rohani. Semoga para pemain kuat sampai lebaran," lanjutnya. 

Secara pribadi, manajer berusia 69 tahun ini mengakui merasakan manfaat dari menjalankan ibadah puasa. Umuh lebih bisa menjaga asupan makanan. 

"Insya Allah orang yang puasa jarang kena penyakit. Ketika puasa itu tubuh kita mengatur asupan makanan dengan baik," terangnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya