Insiden Rusuh Papua, Warganet Berduyun-duyun Dukung Persipura

Para pemain Persipura merayakan gol
Sumber :
  • liga-Indonesia.id

VIVA – Kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat, Senin 19 Agustus 2019, telah menjadi isu paling menyita perhatian. Mereka prihatin, insiden ini terjadi karena sebuah isu yang sensitif.

Tanpa Gol di Laga Persipura Jayapura Vs PSM Makassar

Insiden rasialis di Jawa Timur menjadi pemicu kejadian tersebut. Akibat perlakuan sekelompok pihak terhadap sejumlah mahasiswa Papua, warga Bumi Cendrawasih tersinggung.

Mereka merasa marah karena perlakuan tak etis terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Preview Pertandingan Liga 1: Persikabo vs Persipura Jayapura

Kasus ini sampai menyita perhatian sejumlah pesepakbola. Kapten Persipura, Boaz Solossa, pun bereaksi.

Boaz begitu menyayangkan insiden rasialis ini bisa terjadi. Dia pun menyindir sejumlah pihak melalui instagram story miliknya.

Persipura Jayapura Masih Berada di Zona Degradasi Usai Bungkam Borneo

Pun, bek Timnas Indonesia, Rudolof Yanto Basna, mengunggah status menyindir para pelaku rasialis terhadap mahasiswa Papua di akun instagramnya.

Karena kasus ini pula, simpati dari warganet berdatangan untuk masyarakat Papua. Di linimasa instagram, warganet yang juga penggila bola menyampaikan rasa simpatinya di akun instagram Persipura Jayapura, salah satu klub sepakbola kebanggaan masyarakat Papua.

Mereka mendukung Persipura, untuk berjaya di markas Borneo FC, Stadion Segiri, Samarinda, dalam laga lanjutan Liga 1, Senin 19 Agustus 2019. Beberapa di antaranya juga menuliskan tagar #stoprasisme untuk mendukung masyarakat Papua.

"KITA BERSAUDARA, KITA INDONESIA," tulis akun @anggaradwi_putra di kolom komentar akun instagram Persipura, @persipurapapua1963.

"Saya penduduk jawa, saya cinta kawan-kawan penduduk papua #StopRasisme," begitu tulisan @persikabo.id.

"Saya Cinta Papua. Kita saudara sebangsa dan setanah air. Jangan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang ingin memecah belah bangsa ini. God bless you Papua," tulis @dionsm92.

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya