3 Artis Tolak Tampil di Pembukaan Piala Dunia 2022, Gegara Isu HAM?

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Marca

VIVA Bola – Sejak diumumkan bahwa Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, banyak berita dan publik figur yang mengecam pilihan FIFA. Hal tersebut dikabarkan karena lebih mementingkan keuntungan dibandingkan Hak Asasi Manusia alias HAM.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

HAM memang menjadi masalah panas di gelaran pesta bola dunia kali ini. Qatar dikabarkan kerap mengeksploitasi pekerja imigran. Namun pemerintahan menepis rumor tersebut. Tapi tetap saja segelintir kalangan memilih tak percaya dengan penyangkalan itu.

Belum lagi sederet larangan dan imbauan yang dikeluarkan oleh Qatar untuk pendatang – termasuk para pemain. Salah satunya tak boleh ada simbol atau aktivitas yang berkaitan dengan LGBTQ. FIFA sendiri melarang adanya pemakaian atribut yang merujuk ke sebuah komunitas, agama, atau berbau politik.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Piala Dunia 2022

Photo :
  • ndtv.com

Duta Piala Dunia Khalid Salman tidak hanya harus bernegosiasi dengan para pemain, tapi juga dengan para pengisi acara untuk tampil di acara pembuka pada 20 November ini. 

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Sejumlah artis dikonfirmasi akan tampil pada upacara pembukaan Piala Dunia 2022 yaitu J. Balvin, Robbie Williams, Jason Derulo, Clean Bandit, Sean Paul, Nora Fatehi, Black Eyed Peas, Jungkook BTS, Nicki Minaj, Maluma, dan Myriam Fares.

Sebelum berhasil mengundang artis untuk tampil di negara teluk tersebut, ada pula penyanyi yang menolak untuk tampil di acara pembuka. Siapa saja mereka? Berikut 3 artis yang tak mau hadir di acara pembukaan Piala Dunia 2022 seperti yang dilansir dari Marca

Dua Lipa

Photo :
  • instagram @dualipa

Pelantun lagu Levitating ini mengaku tak pernah bernegosiasi dengan pihak penyelenggara karena dari awal ia tak mau tampil. Dua Lipa menyatakan akan ke Qatar jika negara itu terlah memenuhi semua janji HAM. 

“Aku akan menyemangati Inggris dari jauh dan berharap mengunjungi Qatar ketika telah memenuhi semua janji hak asasi manusia yang dibuat ketika memenangkan menjadi tuan rumah Piala Dunia,” tulisnya dalam unggahan Instagram Story beberapa waktu yang lalu.

Bintang pop dunia, Shakira

Photo :
  • marca.com

Awalnya Shakira setuju untuk menjadi salah satu pengisi acara namun memutuskan mengundurkan diri kurang dari sepekan sebelum pembukaan. Penyanyi asal Kolombia ini batal hadir di upacara pembukaan karena alasan pribadi yang tak disebutkan. 

Walau tak memberikan alasan pasti, publik berspekulasi bahwa Shakira belum siap tampil dihadapan publik secara besar karena belum stabil secara emosional pasca berpisah dari Gerard Pique pada pertengahan tahun 2022. 

Rod Stewart

Rod Stewart

Photo :
  • facebook.com/rodstewart

Penyanyi senior ini juga sempat menjadi kandidat pengisi acara pembukaan tapi ia menolaknya. Ia secara tersirat mengungkapkan enggan pergi ke Qatar perihal masalah HAM. 

“Mereka menawariku sejumlah uang besar, lebih dari satu juta dolar untuk pertunjukan tapi aku menolaknya karena tidak benar pergi ke negara dengan ide dan nilai itu,” aku Stewart. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya