Kritik Pemerintah Iran, Pesepakbola Voria Ghafouri Ditangkap Pasukan Keamanan Iran

Pesepakbola Iran Voria Ghafouri
Sumber :
  • International Bussines Times

VIVA Bola – Pasukan keamanan Iran, pada hari Kamis, menangkap salah satu pemain sepak bola paling terkenal di negara itu, menuduhnya menyebarkan propaganda melawan republik Islam dan berusaha merusak tim nasional di Piala Dunia.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Voria Ghafouri, mantan anggota tim sepak bola nasional dan pernah menjadi kapten klub Teheran Esteghlal, secara blak-blakan membela Kurdi Iran, mengatakan kepada pemerintah di media sosial untuk berhenti membunuh orang Kurdi.

Dia sebelumnya telah ditahan karena mengkritik mantan menteri luar negeri Iran Javad Zarif, melansir The Guardian, Jumat, 25 November 2022. 

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Pesepakbola Iran Voria Ghafouri

Photo :
  • International Bussines Times

Iran akan bermain melawan Timnas Wales di Piala Dunia 2022 pada hari Jumat ini. Timnas Iran telah terlibat dalam kontroversi setelah gagal menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan melawan Inggris, dan penangkapan Ghafouri kemungkinan akan dilihat sebagai peringatan kepada para pemain untuk tidak mengulangi protes mereka.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Dia ditahan setelah sesi latihan dengan klubnya, Foolad Khuzestan, dengan tuduhan "menodai reputasi tim nasional dan menyebarkan propaganda melawan negara", kata kantor berita lokal Fars.

Agensi lain mengatakan dia dituduh "menghina dan berniat menghancurkan tim sepak bola nasional dan berbicara menentang rezim".

Para pihak pemerintah dalam beberapa hari terakhir menuduh Ghafouri sebagai separatis Kurdi, tetapi dia menjawab bahwa dia akan memberikan hidupnya untuk Iran. Awal tahun ini, pemimpin tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, berkata: "Beberapa orang, yang mendapat manfaat dari perdamaian dan keamanan negara, menikmati pekerjaan dan olahraga favorit mereka, menggigit tangan yang memberi makan mereka," referensi tersebut diyakini adalah Ghafouri.

Pesepakbola Iran Voria Ghafouri

Photo :
  • Agenzia Nova

Pesepakbola berusia 35 tahun itu adalah anggota skuat Iran untuk Piala Dunia 2018, tetapi secara mengejutkan tidak disebutkan dalam susunan final Piala Dunia tahun ini di Qatar.

Berasal dari kota Sanandaj yang berpenduduk Kurdi di Iran barat, Ghafouri telah memposting foto di Instagram dirinya dalam pakaian tradisional Kurdi di pegunungan Kurdistan, tetapi merupakan pahlawan kultus di luar barat laut Iran. 

Sanandaj mengalami beberapa penumpasan paling keras dalam protes yang mengikuti kematian dalam tahanan Mahsa Amini, seorang Kurdi Iran berusia 22 tahun, dan Ghafouri telah mengunjungi beberapa dari mereka yang terluka dalam protes di Mahabad.

Pada 2019, ia membagikan kaus biru untuk menghormati Sahar Khodayari, seorang wanita yang membakar diri setelah dijatuhi hukuman penjara karena mencoba menonton pertandingan Esteghlal di stadion Azadi. 

Pemain Timnas Iran tolak nyanyikan lagu kebangsaan Jelang lawan Timnas Inggris

Photo :
  • The42

Setelah insiden kekerasan lainnya terhadap penggemar sepak bola wanita pada tahun 2021, Ghafouri menulis di Instagram: “Sebagai pemain sepak bola, saya memang dipermalukan saat bermain di era ketika ibu dan saudara perempuan kami dilarang memasuki stadion.”

Banyak penggemar menyarankan karirnya di Esteghlal, tim pemenang kejuaraan, dihentikan pada bulan Juni sebagai hukuman karena telah bersuara. Yang lain berpendapat bahwa di usia pertengahan 30-an, Ghafouri terlalu tua untuk papan atas Iran.

Dia baru-baru ini men-tweet: “Berhentilah membunuh orang Kurdi!!! Kurdi adalah Iran sendiri… Membunuh Kurdi sama dengan membunuh Iran. Jika Anda acuh tak acuh terhadap pembunuhan orang, Anda bukan orang Iran dan Anda bahkan bukan manusia… Semua suku berasal dari Iran. Jangan bunuh orang!!!”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya