4 Film yang Menceritakan Aksi Anarkis Suporter Sepakbola

Aksi holiganisme di Inggris
Sumber :
  • Independent.co.uk

VIVA.co.id - Dalam berita sebelumnya, diungkap beberapa geng suporter sepakbola paling berbahaya di Inggris. Bukan hanya tim-tim kecil yang punya geng suporter berbahaya, tapi juga 2 tim besar Inggris, Manchester United dan Chelsea.

Millwall Bushwackers, Aston Villa Hardcore, Inter City Firm West Ham United, Red Army Manchester United, dan Chelsea Headhunters. 5 geng suporter ini dikenal sebagai yang paling berbahaya di tanah Inggris.

Bukan hanya aksi pengrusakan fasilitas umum dan bentrok antarsuporter, anggota geng ini bahkan ada yang melakukan pembunuhan dan bergabung dengan organisasi rasis dan neo-Nazi.

Beberapa kisah geng suporter ini banyak yang diangkat ke layar lebar. Beberapa di antaranya diambil dari kisah nyata, meskipun ada pula yang sebatas fiksi.

1. The Football Factory (2004)

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Image result for the football factory

Diangkat dari novel dengan judul yang sama karya penulis Inggris, John King. Film yang dirilis pada 2004 ini, menceritakan tentang sekelompok geng suporter klub papan atas Inggris, Chelsea (Chelsea Headhunters).

Dalam film ini, turut diperlihatkan aksi brutal geng ini saat bentrok dengan beberapa geng suporter tim lain antara lain, suporter Tottenham, Stoke City, dan Millwall (Millwall Bushwackers).



2. Cass (2008)

Image result for cass 2008

Film rilisan 2008 ini diangkat dari kisah nyata, tentang seorang tokoh Inter City Firm (West Ham United) bernama Cass Penant. Film ini juga diangkat dari catatan Cass, semasa ia masih aktif dalam geng suporter.

Cass adalah seorang Jamaika yang diadopsi oleh keluarga kulit putih pada 1958. Ia pun besar di lingkungan kulit putih dan mulai aktif di Inter City Firm di usia 14 tahun. Diceritakan pula, bagaimana Cass dipenjara selama 4 tahun, usai terlibat bentrok dengan suporter Newcastle United sekitar 1980an. Berbagai adegan bentrok antarsuporter juga turut mewarnai perjalanan kisah film ini.

Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?

3. The Firm (2009)

Image result for the firm 2009

Pemain MU Mulai Berani Cemooh Harry Maguire, Ronaldo Jadi Pujaan

Berlatar Inggris era 1980an, film rilisan 2009 ini bercerita tentang dua orang remaja yang punya ambisi bergabung dengan sebuah geng suporter. Pengaruh kekerasan, alkohol, hingga sex turut dipaparkan dalam film berdurasi 90 menit ini.

Kisah The Firm juga tak lepas dari aksi geng suporter yang memang sudah terkenal di seluruh dunia, Inter City Firm (West Ham United). Film besutan sineas Inggris, Nick Love, ini diperbarui kembali pada 2009, setelah versi aslinya pada 1989.



4. Green Street Hooligans (2005)

Image result for green street hooligans

Di antara film yang berkisah seputar hooliganisme, film inilah yang paling terkenal. Dibintangi oleh aktor yang juga bermain dalam sequel Lord of the Ring, Elijah Wood, Green Street Hooligans juga menceritakan tentang kehidupan suporter fanatik West Ham United.

Elijah Wood yang berperan sebagai Matt Buckner adalah seorang warga negara Amerika Serikat, yang hijrah ke London untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Harvard. Namun, bukannya fokus di pendidikan, ia justru masuk ke Inter City Firm, dan terlibat berbagai aksi brutal suporter. (one)

Kapten Manchester United, Harry Maguire

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Bek Manchester United, Harry Maguire, dianggap belum pantas menjadi kapten di klub berjuluk Setan Merah itu.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022