IBM Bikin Platform Pakai Teknologi Blockchain

Ilustrasi perjanjian bisnis.
Sumber :
  • CryptoCurry

VIVA – Cryptocurrency atau mata uang digital kini terus berkembang. Bitcoin dan Ethereum adalah bagian dari cryptocurrency yang mempertahankan popularitasnya, meski terjadi koreksi harga belum lama ini.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Teknologi penggerak Bitcoin, Ethereum dan mata uang digital lain tersebut dikenal dengan istilah Blockchain.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, IBM, membuat platform perdagangan nilai tukar yang menggunakan Blockchain bernama proyek Hyperledger Fabric.

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Proyek ini didukung oleh tujuh perbankan global yakni Deutsche Bank, HSBC, KBC, Natixis Rabobank, Societe Generale, dan Unicredit.

Hyperledger Fabric nantinya akan digunakan dalam IBM Cloud. Seperti dilansir situs Tech Crunch, Senin, 29 Januari 2018, Blockhain membuat transaksi menjadi singkat dengan keamanan yang terjamin.

Data Center Ini Ngakunya Paling Hemat Energi se-Jakarta

Kehadiran Blockchain diharapkan mampu mengganti tradisi lama menjadi yang baru pada sistem perbankan.

Menurut perusahaan konsultan Oliver Wyman, Hyperledger Fabric adalah proyek yang dirancang untuk menjadi sangat terukur dan memungkinkan beberapa pemain pendatang. Upaya ini untuk mengintegrasikan dengan mudah ke dalam keseluruhan proses rantai pasokan keuangan melalui Blockchain.

"Teknologi ini aman dan menciptakan transparansi transaksi yang belum pernah terjadi sebelumnya," bunyi keterangan Oliver Wyman.

Pada pertengahan Oktober 2017, IBM meresmikan kemitraan kerja dengan startup Blockchain, Stellar, yang tujuannya menyebarkan Hyperledger Fabric ke seluruh dunia.

Enam bank terbesar di dunia seperti Barclays, CIBC, Credit Suisse, HSBC, MUFG, dan State Street, telah mengumumkan dukungannya untuk UBS, BNY Mellon, Deutsche Bank, Santander, dan Clearmatics – pelopor Utility Settlement Coin – bergabung di proyek Hyperledger Fabric.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya