Logo BBC

Buku Harian Pakar Reptil yang 'Dokumentasikan' Kematian Sendiri

Schmidt yakin bahwa bisa dari ular pohon yang menggigitnya tidak akan berakibat fatal.-Chicago Daily Tribune
Schmidt yakin bahwa bisa dari ular pohon yang menggigitnya tidak akan berakibat fatal.-Chicago Daily Tribune
Sumber :
  • bbc

Ini kisah tentang ahli ular, Karl Patterson Schmidt, yang mencatat dengan terperinci proses kematiannya sendiri setelah digigit ular pohon.

Bisa dikatakan "perjalanananya" menjemput maut, berawal pada September 1957, ketika direktur kebun binatang di Chicago mengirim seekor ular ke museum sejarah alam di kota tersebut untuk keperluan identifikasi.

Tugas untuk memeriksa reptil dengan panjang 76 sentimeter ini diserahkan kepada Schmidt, pakar ular yang telah bekerja selama 33 tahun di museum tersebut.

Bidang keahliannya adalah ular karang dan sebagai kurator ia berhasil menjadikan museum tempat ia bekerja sebagai salah satu lembaga dengan koleksi ular terbesar di dunia.

Gigitan ular

Schmidt mencatat secara mendetail hasil observasi yang ia lakukan terhadap ular yang dikirimkan kepadanya tersebut.

Ia mencatat bahwa kulit ular ini memiliki pola dengan warna mencolok dan kepalanya mirip dengan ular pohon yang banyak ditemukan di Afrika Selatan, yang juga dikenal dengan sebutan boomslang.

Yang membuatnya penasaran adalah sisik ular di bagian anus tidak bercabang. Karena itu ia memutuskan untuk memeriksanya lebih dekat.


Ular yang menewaskan Schmidt adalah ular pohon, dikenal juga dengan sebutan boomslang, seperti yang terlihat dalam foto ini. - Getty Images