Punya Lapisan Es, Planet Ini Semakin Mirip Bumi

Kawah es di planet Mars
Sumber :
  • ESA

VIVA – Badan Antariksa Eropa atau ?European Space Agency, berhasil mengambil beberapa gambar menakjubkan dari kawah Mars yang dipenuhi dengan es. Foto itu menunjukkan, bahwa planet merah tersebut memiliki lapisan es kutub versi mini dan terbentuk per musim.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Dilansir dari Metro, Senin 24 Desember 2018, foto-foto itu menunjukkan Kawah Korolev di selatan Kutub Utara Mars. Kutub berdiameter 80,4 kilometer tersebut dipenuhi dengan es sepanjang tahun. Kawah terbentuk karena tumbukan dengan benda luar angkasa, yang tidak diketahui kapan terjadinya.

Kawah memiliki fungsi sebagai penyekat udara, yang hingga saat ini tidak bisa dihirup oleh manusia. Karena adanya penurunan suhu, udara tersebut terperangkap dan menjadi isolator alami bagi es di bawahnya.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Nama Koroley diambil dari seorang ilmuwan, yang turut serta mengembangkan teknologi roket pada era 1950-an. Kawah tersebut memiliki kedalaman dua kilometer, dan terdiri dari 2.200 meter kubik es.

Gambar-gambar tersebut diambil oleh pesawat Mars Express yang sedang mengorbit di planet tetangga Bumi itu, dengan kamera stereo beresolusi tinggi.

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

Mars Express diluncurkan pada 2 Juni 2003, dan sampai di sana enam bulan kemudian, tepat pada 25 Desember. Pesawat ini tergabung dengan proyek Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, bertujuan untuk mengetahui bagaimana Mars terbentuk beserta struktur di dalamnya.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024