Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

Ilustrasi kota di Planet Mars.
  • DottedYeti

VIVA Tekno – Tampaknya, impian manusia untuk tinggal di planet lain, "tak lama lagi" akan terwujud.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Para ilmuwan kini tengah berupaya mencari cara untuk membuat oksigen di planet tetangga Bumi, Mars.

Para ilmuwan baru saja menjelaskan temuan mereka: bakteri yang hidup di gurun yang memakan sinar matahari, menyerap karbon dioksida, dan mengeluarkan oksigen dapat dimasukkan ke dalam cat yang melengkapi udara di habitat di Mars.

Planet Mars dan Bumi.

• Tech Explorist

Hal ini disebut Chroococcidiopsis cubana, dan para ilmuwan telah mengembangkan biocoating yang mengeluarkan sejumlah oksigen setiap hari sekaligus mengurangi jumlah karbon dioksida di udara di sekitarnya, menurut tim yang dipimpin oleh ahli mikrobiologi Simone Krings dari Universitas Surrey di Inggris.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

"Biocoating yang kuat secara mekanis dan siap pakai, atau ‘cat hidup’, dapat membantu memenuhi tantangan ini dengan mengurangi konsumsi air dalam proses berbasis bioreaktor yang biasanya menggunakan banyak air," kata ahli bakteriologi Suzie Hingley-Wilson dari Universitas Surrey, melansir Science Alert, Minggu, 22 Oktober 2023.

Chroococcidiopsis adalah genus binatang kecil yang "aneh".

Ia memanfaatkan jenis fotosintesis aneh yang dapat memanfaatkan kondisi cahaya sangat rendah, dengan mekanisme cadangan untuk bertahan hidup bahkan di tempat yang lebih gelap. Ini ditemukan di gua yang sangat dalam dan gelap gulita, dan di kerak bumi bagian bawah di bawah dasar laut.

Chroococcidiopsis cubana terkadang hidup di gurun, dalam kondisi yang tidak berbeda dengan di Mars.

Bakteri menyerap CO2, yang kemudian diubah melalui fotosintesis menjadi senyawa organik, melepaskan oksigen sebagai bagian dari prosesnya.

Krings dan timnya ingin mengembangkan biocoating yang memanfaatkan sifat-sifat ini. Ini adalah pelapis, seperti cat, di mana bakteri hidup dimasukkan ke dalam lapisan, harus tahan lama, tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan bakteri di dalamnya.

Hal ini lebih menantang daripada yang terlihat: matriks biocoating harus berpori, untuk memungkinkan hidrasi dan transportasi sel, namun kuat secara mekanis dan keras. Tim mengembangkan metode pencampuran lateks dengan partikel nanoclay yang mencapai sifat-sifat ini, dengan aman membungkus bakterinya.

Langkah selanjutnya adalah memastikan cat berfungsi sebagaimana mestinya, dan mikroba kecil di dalamnya terus hidup.

Tim ilmuwan itu mengamati lapisannya selama 30 hari, melakukan pengukuran keluaran oksigen dan masuknya CO2.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa cat tersebut secara konsisten melepaskan oksigen dengan laju hingga 0,4 gram oksigen per gram biomassa per hari, dan angka ini tetap stabil selama sebulan penuh. Itu setara dengan 400 gram (14 ons) oksigen untuk setiap kilogram (35 ons) cat. Selain itu, catnya menyerap CO2.

Para peneliti menamakan penemuan mereka Green Living Paint.

Hasil tersebut mungkin tidak cukup untuk habitat manusia tinggal di Mars karena satu tim astronot yang tinggal di Mars selama satu tahun diperkirakan membutuhkan 500 metrik ton oksigen; tetapi setiap sedikit oksigen yang dapat diperoleh di planet merah itu akan mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan misi ruang angkasa untuk dikirim ke sana dengan pesawat ruang angkasa.

“Chroococcidiopsis fotosintesis memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup di lingkungan ekstrem, seperti kekeringan dan paparan radiasi UV tingkat tinggi,” kata Krings.

Ilustrasi astronot.

• 21stcentech.com

"Ini menjadikan mereka kandidat potensial untuk kolonisasi kita di Mars," jelasnya.

Hal ini memiliki implikasi, tidak hanya untuk perjalanan luar angkasa tetapi juga di Bumi. "Dengan meningkatnya gas rumah kaca, khususnya CO2, di atmosfer dan kekhawatiran akan kekurangan air akibat kenaikan suhu global, kita memerlukan bahan-bahan yang inovatif, ramah lingkungan, dan berkelanjutan,” ujar Krings.