Logo DW

Kapal Ini Berlayar di Laut Pakai Hasil Olahan Air

Kapal berbasis hodrogen (AFP/J. Nackstrand)
Kapal berbasis hodrogen (AFP/J. Nackstrand)
Sumber :
  • dw

Untuk mencapai tujuan industri perkapalan yang ditetapkan oleh PBB, para pemimpin industri mengatakan kapal energi zero emission atau polusi nol harus mulai menjadi armada global pada 2030. Kapal yang menggunakan tenaga hidrogen diharapkan dapat membantu memenuhi target tersebut.

Bahan bakar hidrogen hijau bebas emisi diproses dengan memisahkan hidrogen dan oksigen dari air menggunakan listrik yang diperoleh dari pembangkit energi listrik terbarukan.

Hidrogen memiliki daya tarik bagi pengguna industri, termasuk pemilik kapal dan perusahaan minyak karena kepadatannya jauh lebih kecil dibandingkan bahan bakar lainnya, sehingga membuatnya lebih layak untuk digunakan kapal-kapal dengan pelayaran singkat.

Perusahaan minyak Royal Dutch Shell mengulangi komitmennya pada bulan lalu untuk menggunakan hidrogen yang dianggapnya sebagai energi yang potensial bagi industri kapal, dibandingkan dengan alternatif energi nol polusi lainnya.

Perusahaan pembuat kapal ABB yang bermarkas di Swiss sedang mengembangkan sistem sel hidrogen untuk kapal penumpang dan kargo. Salah satu proyeknya melibatkan pengembangan sistem tenaga dan propulsi berbasis sel untuk kapal yang berlayar di sungai Rhone, Prancis.

"ABB melihat kapal jarak dekat sebagai pengguna pertama teknologi sel bahan bakar ini," kata Juha Koskela, Presiden Divisi ABB Marine & Ports.

Biaya hidrogen hijau