Daur Hidup Lebah, Mulai dari Bertelur hingga Menjadi Imago

Daur Hidup Lebah
Daur Hidup Lebah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –  Daur hidup lebah menjadi salah satu yang banyak dicari karena masih banyak dari kamu yang mungkin penasaran akan bagaimana daur hidup dari lebah dan belum mengetahuinya. Kali ini kita akan membahas tentang siklus hidup lebah secara jelas dan lengkap. Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan daur hidup lebah, apa kamu tahu ada berapa jenis metamorfosis pada hewan? Metamorfosis pada hewan terdiri dari dua jenis yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. 

Tahukan kamu apa perbedaan dari metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna itu? Dua jenis metamorfosis ini adalah tahapan yang terjadi pada daur hidup hewan. Hewan akan mengalami proses daur hidup dalam empat tahap perubahan pada metamorfosis sempurna. Sementara hewan yang bermetamorfosis tidak sempurna hewan hanya akan mengalami tiga tahap saja dalam perubahannya. Nah, lebah ini merupakan salah satu hewan yang bermetamorfosis sempurna. Mengutip dari Bobo.id, berikut ini daur hidup lebah madu dengan metamorfosis sempurna.

Daur Hidup Lebah Madu

1. Telur

Pupa lebah

Pupa lebah

Photo :
  • Pixabay

Daur hidup lebah madu diawali dengan fase bermetamorfosis menjadi telur. Hal itu dimulai saat ratu lebah sebagai lebah betina bertelur atau mengeluarkan telurnya.

Saat ratu lebah akan bertelur, para lebah jantan akan membuat sarang terlebih dahulu sebagai tempat telur diletakkan setelah ratu lebah bertelur. Setiap satu telur tersebut akan diletakkan di setiap sel dari sarang yang sudah dibuat.