Misi NASA Ditangguhkan Gara-gara Baju

Astronot.
Astronot.
Sumber :
  • Innovation News Network

VIVA – Seorang astronot Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) menghadapi situasi yang mengerikan, ketika pakaian antariksanya secara misterius terisi dengan air yang menutupi mata, hidung, dan telinganya ketika sedang latihan di kolam renang, menurut sebuah laporan.

Pakaian antariksa yang memungkinkan astronot untuk menjelajah di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) itu, kemudian dinyatakan tidak boleh digunakan untuk misi yang akan datang.

Larangan terjadi setelah laporan yang mengkhawatirkan bahwa beberapa astronot menghadapi skenario yang mengancam jiwa setelah helm mereka dipenuhi dengan air di dalamnya. 

NASA telah menangguhkan pakaian yang disebut sebagai extra-vehicular mobility units (EMU). Agensi juga tengah menyelidiki masalah tersebut, dikutip dari Space, Sabtu 21 Mei 2022.

Astronot di luar angkasa

Astronot di luar angkasa

Photo :
  • nasa.gov

Wakil Manajer Program ISS, Dana Weigel mengatakan insiden itu menyebabkan mereka tidak boleh melakukan penjelajahan di luar ISS sampai faktor penyebabnya ditemukan. 

"Jadi kami tidak akan melakukan extra-vehicular activity (EVA) yang direncanakan sampai kami memiliki kesempatan untuk benar-benar mengatasi dan mengesampingkan mode kegagalan sistem utama," ujarnya.