Fosil Telur Dinosaurus Berisi Embrio yang Masih Utuh Ditemukan di Tiongkok

embrio dinosaurus yang diawetkan di dalam fosil telur
  • Unilad

VIVA – Para ilmuwan menemukan embrio dinosaurus yang terbentuk sempurna di lemari penyimpanan museum Tiongkok. Dikutip dari Unilad, embrio tersebut telah disimpan di lemari selama lebih dari satu dekade tanpa ada yang menyadari bahwa telur tersebut dapat membantu mengungkap hubungan luar biasa antara burung modern dan dinosaurus.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Spesimen belum lahir yang ditemukan pada tahun 2015 adalah oviraptorosaurus (sekelompok dinosaurus maniraptoran berbulu yang tampak seperti Osterich dari Zaman Kapur) dan, berdasarkan analisisnya, diperkirakan berumur 72 juta tahun.

embrio dinosaurus yang diawetkan di dalam fosil telur

• UNILAD
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Ini pertama kali ditemukan di Shahe Industrial Park pada tahun 2000 dan disumbangkan ke Museum Sejarah Alam Batu Yingliang di Nan'an, Tiongkok. Terlihat, embrio itu hanya berukuran kecil dan panjangnya hanya 27cm.

Pada saat itu, embrio tersebut dijuluki 'Baby Yingliang' dan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu embrio dinosaurus terlengkap yang pernah ditemukan. Postur embrio inilah yang menurut para ilmuwan menarik karena tidak seperti embrio lain yang pernah terlihat.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Dalam studi tahun 2021 yang dilakukan oleh University of Birmingham dan China University of Geosciences (Beijing), embrio digambarkan memiliki postur seperti burung dengan kepala berbaring di bawah tubuh, dengan kaki di kedua sisi dan punggung melengkung. ujung telur yang tumpul. Ini dikenal sebagai 'menyelipkan' - sesuatu yang diasosiasikan dengan burung modern.

Dalam studi tahun 2021, disebutkan bahwa postur seperti itu 'sebelumnya tidak dikenali pada dinosaurus non-unggas, namun mengingatkan pada embrio burung modern tahap akhir'.

“Dinosaurus kecil yang belum lahir ini tampak seperti bayi burung yang meringkuk di dalam telurnya, yang merupakan bukti lebih lanjut bahwa banyak ciri khas burung masa kini yang pertama kali berevolusi pada nenek moyang dinosaurus mereka,” kata Profesor Steve Brusatte dari Universitas Edinburgh, yang merupakan bagian dari penelitian tersebut, tim peneliti.

Brusatte kemudian menggambarkan Bayi Yingliang sebagai salah satu fosil terindah yang pernah dia lihat. Fion Waisum Ma, penulis pertama dan peneliti PhD di Universitas Birmingham, menambahkan pada saat itu bahwa ia sangat gembira dengan penemuannya itu. Sebab, dapat membantu banyak hal soal pertumbuhan dinosaurus.

“Kami sangat gembira dengan penemuan 'Baby Yingliang' - ia diawetkan dalam kondisi bagus dan membantu kami menjawab banyak pertanyaan, tentang pertumbuhan dinosaurus dan reproduksi dengannya,” ujarnya.

“Sangat menarik untuk melihat embrio dinosaurus dan embrio ayam berpose dengan cara yang sama di dalam telur, yang mungkin mengindikasikan perilaku pra-penetasan yang serupa,” imbuhnya.