Logo BBC

Alasan Wanita Rela Kirim Video Bugil ke Pacar di Medsos

Para tersangka diperiksa oleh polisi. - Yuli Saputra/BBC Indonesia
Para tersangka diperiksa oleh polisi. - Yuli Saputra/BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ratusan perempuan menjadi korban pemerasan foto dan video bugil oleh narapidana, seperti yang terungkap di Lapas Jelekong, Kabupaten Bandung.

Di lapas tersebut tercatat 89 perempuan yang menjadi korban pemerasan foto dan video bugil namun polisi memperkirakan jumlah korban seluruhnya lebih kurang 300 orang karena pendataan akhir belum tuntas.

Pelaku memilih korban secara acak melalui media sosial dengan menggunakan foto dan identitas palsu untuk berkenalan dengan korban melalui Facebook, Meet Me, IMO, WhatsApp, Grindr, Friend Club, dan Instagram.

Setelah itu para narapidana tersebut berusaha menjalin hubungan lebih jauh melalui aplikasi percakapan suara maupun video dengan janji akan dinikahi.

Tersangka mengaku bekerja sebagai staf pelayaran yang sedang bekerja di luar negeri maupun di luar pulau dengan janji akan menemui serta menikahi korban setelah selesai bertugas dan mendapat cuti dari atasannya.

Korban dirayu untuk melakukan video seks dan tanpa sepengetahuan korban, videonya direkam. Setelah itu pelaku berpura-pura mengajukan cuti agar bisa menemui korban dan menghubungkan korban dengan rekan narapidana, yang pura-pura berperan sebagai atasan.

Untuk izin cuti, korban didesak mentransfer sejumlah uang dengan ancaman jika korban kesulitan mengirim uang maka foto atau video bugil korban disebar ke internet.