'Dapur' Rahasia Twitter Mendunia Seperti Sekarang Terbongkar

Telepon - smartphone - mobile phone - hp - gadget - internet - generasi milenial - twitter
Sumber :
  • REUTERS/Kacper Pempel

VIVA – Media sosial Twitter berupaya untuk meminimalisasi dampak dari menonaktifkan application programming interface (API) yang terdapat di komunitas dan aplikasi pihak ketiga.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

API sangat berguna dan penting karena membantu developer membuat aplikasi baru yang sesuai dengan jejaring sosial seperti Twitter, Facebook atau Instagram. Aplikasi ini bekerja sebagai interface antara dua sistem perangkat lunak terpisah yang memungkinkan mereka berinteraksi satu sama lain.

Data dari Sensor Tower menyebutkan sebanyak enam juta pengguna App Store dan Google Play memilih menginstal 5 besar aplikasi pihak ketiga Twitter. Ini terjadi sejak Januari 2014 hingga Juli 2018. Bahkan, selama satu tahun terakhir, aplikasi tersebut sudah diunduh sebanyak 500 ribu kali.

Difitnah Jadi Aktor Konspirasi Hasil Pilpres 2024, Qodari Bilang Begini

Aplikasi pihak ketiga tersebut adalah Twitterrific, Echofon, Tweetcaster, Tweetbot dan Ubersocial. Tak diketahui pasti apakah konsumen hanya menggunakan aplikasi ini atau berbarengan sama Twitter.

"Data ini bahkan sebagian besar dari re-instal," demikian keterangan Twitter, dilansir dari TechCrunch, Sabtu, 18 Agustus 2018. Twitter nampaknya sedang menimbang data dan fakta, bukan sentimen pengguna ataupun persepsi publik saat membuat sebuah keputusan.

Netizen Bingung: Ini Tempat Pemilihan Umum atau Acara Pernikahan

Namun, bagi Twitter yang aplikasinya sudah diunduh 560 juta kali di iOS maupun Android, angka enam juta bukanlah apa-apa, karena hanya sekitar 1,1 persen dari total unduhan.

Akan tetapi, Twitter sebenarnya sangat terbantu dengan aplikasi pihak ketiga. Mereka pernah memuji para aplikasi pihak ketiga ini karena telah mempelopori sebuah produk yang diketahui orang banyak.

Aplikasi pihak ketiga juga menjadi bagian sejarah bagi Twitter. Logo burung warna biru ini awalnya diperkenalkan oleh Twitteriffic, baru dikemudian hari Twitter mengganti logonya menjadi yang sekarang.

Twitterrific jugalah yang mempopulerkan istilah terkenal 'tweeting'. Kata itulah yang akhirnya menjadi standard ucapan para pengguna Twitter. Aplikasi pihak ketiga ini juga memiliki peran penting untuk mempertahankan pengguna Twitter yang kesulitan dengan algoritma timeline.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya