Dubai Punya Taksi Otonom, Ga Pakai Supir

Taksi tanpa pengemudi di Dubai
Sumber :
  • Instagram Digirobotic

VIVA – Dubai mulai melakukan uji coba taksi tanpa pengemudi (self-driving), pada Minggu, 14 Oktober 2018. Uji coba itu diluncurkan pada acara pameran perdagangan elektronik konsumen tahunan, Gitex, di Dubai World Trade Centre.

Pemerintah Bidik Penjualan Mobil Listrik Capai 50 Ribu Unit

Layanan percobaan kendaraan yang diinisiasi Dubai Roads and Transport Authority (RTA) itu, akan berlangsung selama tiga bulan, di beberapa bagian kota Dubai. Demikian seperti diwartakan laman Mashable, Senin, 15 Oktober 2018.

Taksi otonom tersebut akan mengantarkan pengguna ke berbagai tujuan di dalam kota, misalnya pusat perbelanjaan, bioskop. Menurut RTA, mobil tipe sedan itu muat empat penumpang.

Peringatan May Day, Ganjil-Genap di Jakarta Tidak Berlaku Hari Ini

Dalam materi promosi, yang ditayangkan di akun Instagram Digirobotics, tampak model seorang pria dijemput taksi otonom. Di kursi depan mobil, tak terlihat siapa pun, termasuk sopir, sebagaimana lazimnya taksi konvensional, yang duduk mengendalikan kemudi.

Namun, dalam keterangan disebutkan, jika diperlukan karena alasan keselamatan, penumpang bisa mengambil alih setir mobil. Taksi otonom ini hasil modifikasi Mercedes-Benz, yang dilengkapi kamera, sensor, dan sistem LiDAR.

Pendapatan Naik 3 Persen, MPM Cetak Laba Bersih Rp 165 Miliar Kuartal I-2024

Dalam laporan tak disebutkan bagaimana sistem pemesanan taksi otonom. Bisa jadi prosedurnya akan menggunakan aplikasi. Karena terlihat model mengakses ponselnya dan membuka aplikasi, sesaat sebelum menghampiri kendaraan.

Perilisan layanan taksi tanpa pengemudi itu merupakan wujud kontribusi RTA dalam misi mengubah Dubai menjadi kota terpintar di dunia.

Motor listrik TAILG

3 Motor Listrik TAILG Semarakkan Pasar Otomotif Indonesia

Dunia otomotif Indonesia kedatangan pemain baru yang inovatif dan ambisius bernama TAILG. Perusahaan yang fokus pada kendaraan listrik ini resmi debut di ajang ASIABIKE J

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024