Ada Ruangan Rahasia di Bawah Piramida Bulan

Piramida Bulan
Sumber :
  • Instagram/@ebrovka

VIVA – Piramida Bulan di Meksiko memiliki rahasia besar. Para arkeolog menemukan terowongan rahasia sepanjang 15 meter menuju jantung struktur piramida tersebut. 

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Dilansir dari laman IFL Science, Selasa 30 Oktober 2018, arkeolog memercayai lorong itu pernah menjadi ruang penguburan untuk ritual orang yang mati. 

Tim arkeolog dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional (INAH) Meksiko menemukan ruangan rahasia tersebut. Mereka bekerja dengan ahli geofisika dari Universitas Otonom Nasional Meksiko, di Zona Arkeolog Teotihuacan, 40 kilometer timur laut dari Mexico City. 

Geger, Reruntuhan yang Diduga Piramida Raksasa Ditemukan

Hasil awal penelitian menunjukkan, kemungkinan adanya jalan rahasia pada piramida tersebut. Ini menjadi pertama kalinya tim arkeolog mengonfirmasi adanya sebuah ruangan yang hilang. 

Selain itu pintu masuk terowongan diyakini juga telah ditemukan oleh mereka. 

Misteri Sumber Kekayaan Nabi Sulaiman yang Baru Saja Terkuak

"Terowongan berada di bagian selatan Plaza de la Luna namun nampaknya masih ada pintu masuk lain di sisi timur, jadi penting untuk memiliki radiografi untuk tahu di mana pintu masuknya," kata direktur proyek konservasi integral piramida, Veronica Ortega. 

Piramida Bulan atau Meztli Itzacual beraa di San Juan Teotihuacan dulunya merupakan lokasi kota kuno Teotihuacan yang didirikan pada 150 SM oleh peradaban Mesoamerika. 

Pada 1998 hingga 2004, tim arkeolog menemukan sisa tubuh hampir 200 hewan, termasuk puma dan serigala. Mereka ditemukan di terowongan bawah piramida. 

"Kompleks persembahan yang besar ini adalah inti kota Teotihuacan. Apa yang dapat ditemukan di dalamnya dapat membantu membuka hubungan yang dimiliki oleh kota kuno dengan wilayah lain dalam Mesoamerika," kata Ortega. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya