145 Paus Pilot Terdampar di Pantai, Ada Apa Ya?

Ratusan paus terdampar di pantai New Zealand
Sumber :
  • New Zealand Department of Conservation

VIVA – Sebanyak 145 ekor paus pilot terdampar di Pulau Stewart, Selandia Baru. Hewan-hewan itu ditemukan oleh pejalan kaki pada Sabtu malam, berserakan di sepanjang pantai Mason Bay. Sebagian di antara mereka telah mati, dan lainnya sekarat.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Mengutip Midland Daily News, Senin, 26 November 2018, petugas dari Departemen Konservasi, Ren Leppens, mengatakan, ikan-ikan paus itu setengah terkubur di pasir dan tidak dalam keadaan sehat. Hal itu menunjukkan kemungkinan mereka telah terdampar di pantai selama sehari sebelum ditemukan.

Petugas lantas mengambil tindakan pada paus yang masih belum mati dengan melakukan euthanasia, yaitu mencabut nyawa hewan dengan cara yang dianggap tidak menimbulkan rasa sakit, biasanya dengan suntikan atau ditembak.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

"Lokasi terpencil, kurangnya personil di dekatnya dan kondisi ikan paus yang semakin memburuk, berarti hal yang paling manusiawi dilakukan adalah euthanasia. Meski itu merupakan keputusan yang menyedihkan," katanya.

Sementara itu, pada hari Minggu, 10 paus pygmy juga ditemukan terdampar di Ninety Mile Beach di North Island. Dua ekor telah meninggal, dan petugas setempat berusaha menangani delapan sisanya.

Top Trending: Sosok Ratu Judi Asal Israel Hingga Paus Puasa Nonton TV 35 Tahun

Paus yang terdampar selama musim semi dianggap lumrah di Selandia Baru. Menurut Badan Konservasi, ada sekitar 85 insiden per tahun. Namun, kasus umumnya hanya satu ekor yang terdampar di pantai, tak pernah hingga ratusan.

Belum diketahui mengapa paus-paus itu terdampar. Kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya, mereka berusaha melarikan diri dari kejaran predator, mengalami sakit, atau navigasi yang salah alias tersesat.

Game of Thrones Season 8 Episode 6.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Industri film sering kali memanfaatkan lokasi spektakuler di seluruh dunia untuk memberikan latar belakang yang megah dan mendalam bagi kisah-kisah mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024