Hore! Indonesia Akan Punya Pabrik 3D Printer Pertama

Hasil cetakan 3D printer
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Pemerintah sedang menggenjot arus industri baru yang dinamakan industri 4.0. Lima sektor yang mendukung industri ini, yaitu Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Merespons gagasan besar pemerintah tersebut. Inspira Academy sebagai satu-satunya lembaga edukasi terkemuka dan pertama di Indonesia yang memiliki konsentrasi pada bidang desain dan cetak 3D (3D creation) – robotik dan IoT, di tahun 2019 ini akan membangun pabrik 3D printer pertama di Indonesia.

Menurut Sugianto Kolim, Founder Inspira Academy, keunggulan 3D printer salah satunya adalah bisa memproduksi karya desain dalam bentuk tiga dimensi.

Rektor IPDN Mendorong Kesiapan Hadapi Revolusi Industri

“Salah satu keunggulan teknologi 3D printer adalah mempermudah dan mempercepat proses produksi industri di segala bidang. Sayangnya, harga 3D printer masih sangat mahal, baik untuk konsumsi bisnis atau perorangan,” ungkap Sugianto dalam keterangan tertulis pada VIVA, 8 Februari 2019.

Maka itu, pihaknya tergerak agar percepatan industri 4.0 segera terealisir di Indonesia dengan membangun pabrik 3D printer yang diharapkan mulai berjalan pada pertengahan 2019 ini.

Demi Pasar, Hotel Kapsul Berbasis IoT di Jakarta Ganti Nama

Rencananya, lokasi yang dipilih adalah kawasan industri di Jakarta dan diperkirakan menelan investasi Rp100 milliar.

Dengan pembangunan pabrik 3D tersebut, diharapkan harga 3D printer akan lebih terjangkau. Sehingga Indonesia akan menjadi  kiblat  pertumbuhan industri 4.0 di kawasan Asia Tenggara.

“Namun, untuk mendukung Making Indonesia 4.0 tidak cukup dengan hanya peralatan saja tetapi bagaimana mengolah Sumber Daya Manusia," ujar Sugianto.

"Maka Inspira Academy melalui program #100inovatorIndonesia mencari 100 inovator Indonesia untuk dibekali pendidikan desain dan cetak 3D secara gratis. Ke depannya ilmu cetak 3D ini akan diaplikasikan ke dunia robotik dan STEAM,” tegasnya.

Terkait pemilihan inovator itu, InspiraAcademy akan menyeleksi orang-orang yang berkeinginan untuk mengembangkan hasil cetak 3D melalui riset. Pendaftaran #100inovatorIndonesia dapat dilihat di www.inspira.academy/100inovatorIndonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya