Bertugas 14 Tahun, Robot NASA Akhirnya 'Tutup Usia' di Planet Mars

Robot pendarat penjelajah Planet Mars milik NASA, Rover Opportunity.
Sumber :
  • www.jpl.nasa.gov

VIVA – Robot penjelajah Rover Opportunity milik Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA yang memiliki tugas meneliti air di Planet Mars resmi dinyatakan mati. Hal ini karena baterai pada tubuh robot tersebut tidak bisa terisi lantaran mengandalkan sinar Matahari akibat badai debu.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Dikutip dari situs BGR, Kamis, 21 Februari 2019, komunitas ilmiah berduka atas kematian Oppy, julukan Rover, dan mereka sepakat untuk memberikan beberapa penghargaan. Salah satunya penulis dan jurnalis Charles Finch.

Baru-baru ini Finch mengunggah gambar tato Rover dengan frasa 'my battery is low and it's getting dark'. Gambar tato itu adalah milik pengguna Twitter yang mencoba menyampaikan keadaan robot tersebut kepada warga Bumi.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Namun, warganet menganggap pemilik tato itu tidak bijaksana. Karena, terdapat kesalahan besar di mana gambar tersebut bukanlah Rover Opportunity yang mati di Mars melainkan robot penjelajah lainnya, Rover Curiosity yang juga milik NASA, yang usianya jauh lebih muda.

Warganet menilai Opportunity memiliki panel surya yang fungsinya sebagai bahan bakar. Sedangkan Curiosity, yang saat ini masih hidup di Mars, memiliki baling-balingnya pada baterai dengan sumber daya nuklir di dalamnya.

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

Inilah yang membuat umur Curiosity lebih panjang daripada Opportunity, karena tidak perlu panel surya yang mengandalkan sinar Matahari sebagai bahan bakar. Tak ayal, kesalahan ini sangat tidak menguntungkan bagi pemilik tato yang identitasnya masih dirahasiakan.

Rover Opportunity NASA telah hidup selama 14 tahun. Sejak badai debu pada Juni 2018 robot ini tidak lagi bisa berkomunikasi ke Bumi, dan NASA kehilangan kontak.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024