68% Pengguna XL Pakai Data untuk Streaming, Ada Kuota Zero

Ilustrasi trafik data XL Axiata.
Sumber :
  • Dokumen XL Axiata

VIVA – Seperti halnya sifat manusia, karakter pelanggan telekomunikasi pun berbeda-beda saat menggunakan kuota internet yang dimiliki. Ada yang lebih membutuhkan akses ke layanan hiburan, video, sampai games.

Paket Bundling Telkomsel dan Vidio, Apa Saja yang Didapat

Hal ini telah disadari oleh XL Axiata. Perusahaan telekomunikasi yang identik dengan warna biru itu mengakui perbedaan itu adalah tantangan, yakni bagaimana bisa memenuhi kebutuhan pelanggan mereka yang berbeda.

“Tantangannya adalah bagaimana bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjumlah lebih dari 56 juta yang kemungkinan satu sama lain mengharapkan layanan yang berbeda dari XL. Kami terus berusaha mengenali apa saja kebutuhan pelanggan melalui berbagai macam produk yang telah diluncurkan sebelumnya Dari situ dapat dikenali beragamnya kebutuhan pelanggan,” ujar Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses di Jakarta, Senin, 23 September 2019.

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Prabayar dan Pascabayar Kartu SIM

Dikatakan David, pada semester pertama 2019, total pengguna layanan data XL Axiata mencapai 88 persen dari total pelanggan. Ini membuktikan jika semakin banyak pelanggan yang mulai menyadari akan pentingnya layanan data dan kuota.

Berdasarkan data terakhir mengenai distribusi penggunaan layanan data oleh pelanggan, layanan streaming memang menjadi yang paling dominan, yaitu sekitar 68 persen. Pada layanan streaming ini, akses ke layanan video (via Youtube, Facebook, dan Intagram) sangat mendominasi, yaitu mencapai 64 persem. Streaming lain yang cukup banyak diakses adalah games sekitar 25 persen. Selanjutnya, instant messaging 17 persen, dan media sosial 15 persen. 

Pendapatan dari Bisnis Pulsa dan Data Internet Setara Unicorn

XL pun menyebut jika inovasi barunya yang diberi nama Xtra Kuota Zero dianggap sebagai solusi. Paket Xtra Kuota Zero dari XL Prabayar memberikan tambahan kuota hingga 3GB/bulan tanpa biaya tambahan yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi pilihan. Kuota tambahan ini bisa dinikmati oleh pelanggan yang sudah berlangganan paket Xtra Combo VIP, Xtra Combo Baru, dan varian paket Xtra Combo lainnya. 

Ada dua pilihan yakni paket Xtra Kuota Zero Harian yang berisi aplikasi untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, seperti WhatsApp, Line, Twitter, Google Duo,  Tokopedia, Gojek dan segera menyusul aplikasi portal news seperti Detik.com, Kompas.com, dan Liputan6.com.  Kedua, paket Xtra Kuota Zero aplikasi pilihan seperti Netflix, YouTube, iflix, Smule, Joox, Instagram, Facebook, Free Fire, AOV dan PUBG Mobile dengan masa berlaku paket 10 hari.

Seiring dengan peningkatan pengguna data, XL Axiata juga terus melakukan perluasan dan peningkatan kapasitas jaringan di berbagai wilayah di Indonesia. Saat ini jaringan XL Axiata telah diperkuat dengan lebih dari 127.000 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 37.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 408 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya