Logo WARTAEKONOMI

TikTok Diam-diam Kumpulkan Data Pribadi Penggunanya, Benar Enggak Sih?

Aplikasi TikTok, salah satu anak usaha Bytedance Technology.
Aplikasi TikTok, salah satu anak usaha Bytedance Technology.
Sumber :
  • Yicai Global

Aplikasi video pendek TikTok telah dituding secara diam-diam mengumpulkan sebagian besar data pribadi pengguna dan mengirimkannya ke server di China.

Ini terungkap dalam gugatan negara di Amerika Serikat (AS) yang menyebut aplikasi berbagi video populer itu telah diinstal sebelumnya dengan perangkat lunak di bawah pengawasan China.

Hal itu disebut telah melanggar undang-undang privasi, data dan perlindungan konsumen.

"TikTok secara sembunyi-sembunyi telah menyedot debu dan ditransfer ke server di China sebagian besar data pengguna pribadi, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi, profil, dan melacak lokasi dan kegiatan pengguna di Amerika Serikat sekarang dan di masa depan," tulis gugatan tersebut seperti dikutip Independent.

TikTok juga dianggap secara diam-diam telah mengambil konten pengguna, seperti video konsep yang tidak pernah dimaksudkan untuk publikasi, tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna.

Singkatnya, kesenangan ringan TikTok harus dibayar dengan biaya yang sangat mahal. TikTok sendiri telah mengalami pertumbuhan besar sejak diluncurkan pada 2016.

Itu terbukti sangat populer di kalangan pengguna yang lebih muda. Angka terbaru dari situs analisis aplikasi Sensor Tower mengungkapkan aplikasi telah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali melalui App Store dan Google Play Apple.