Gebrakan WhatsApp di 2020, Selamat Tinggal Smartphone Jadul

WhatsApp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Beberapa hari lagi kita akan menutup buku tahun 2019 dan membuka lembaran baru di tahun 2020. Sepanjang tahun ini, WhatsApp telah menghadirkan banyak inovasi untuk penggunanya.

Sama-sama Pakai WhatsApp, Ini Cara Bedakan Surat Tilang Asli Polisi atau Penipuan

Di tahun ini pula sudah banyak rumor soal fitur yang akan mereka rilis tapi tak kunjung juga hadir secara resmi.

Hal ini membuat banyak pengguna berharap di tahun berikutnya anak perusahaan Facebook ini akan merilis inovasi terbarunya.

Catat, Surat Konfirmasi Tilang Kini Dikirim Lewat WA!

Dilansir dari situs TechRadar, Senin, 30 Desember 2019, adapun beberapa fitur yang diharapkan datang, dan hal-hal apa saja mengenai nasib WhatsApp pada 2020? Berikut penjelasannya:

Mode gelap (dark mode)

Ini Bukan Penipuan, Kini Surat Konfirmasi Tilang Dikirim Polisi Lewat WhatsApp

Pada 2020, pengguna WhatsApp akan secara resmi menikmati mode gelap (dark mode) setelah desas-desusnya yang cukup lama terdengar. Mungkin saja perusahaan memang butuh waktu yang lama untuk mendesain fitur ini.

Tampaknya juga akan ada dua jenis mode gelap, salah satunya adalah opsi khusus hemat daya untuk perangkat smartphone dengan layar Amoled. Mode ini tampaknya juga bisa diaktifkan secara otomatis maupun manual.

Hapus pesan otomatis (delete message)

Aplikasi ini sebelumnya sudah memiliki fitur hapus pesan, tapi kemudian ada rumor yang mengatakan bahwa WhatsApp akan menghapus pesan pengguna secara otomatis untuk meningkatkan privasi.

Berdasarkan bukti dari WhatsApp beta, pesan yang dikirim pengguna akan terhapus secara otomatis dalam periode yang telah ditetapkan, satu jam, sehari, seminggu, sebulan bahkan setahun.

Iklan

Pada Facebook Marketing Summit di Belanda beberapa waktu lalu, tersaji persentasi tentang bagaimana iklan bekerja di WhatsApp. Sepertinya iklan akan berada di Status WhatsApp dengan bentuk layar penuh yang akan muncul di antara status kontak pengguna.

Selamat tinggal smartphone jadul

Terhitung mulai awal Januari 2020, WhatsApp tidak akan lagi mendukung perangkat lawas atau jadul yang menggunakan sistem operasi Windows.

Kemudian, pada 1 Februari, Android 2.3.7 atau Gingerbread juga tidak lagi dapat menggunakan aplikasi. Sedangkan, untuk sistem operasi Apple, perangkat dengan iOS 8 juga tidak lagi dapat menggunakannya.

Artinya, bagi kamu yang memiliki iPhone 4 ke bawah dan perangkat Android sebelum 2011, tidak lagi dapat instal WhatsApp di App Store maupun Play Store.

Fitur pencarian gambar

Untuk membendung hoax, WhatsApp juga dikabarkan akan merilis fitur alat pencarian gambar, yang berguna membantu pengguna menemukan dari mana gambar yang mereka terima ini berasal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya