Jangan Sampai Wabah COVID-19 Seperti Krisis Ekonomi 1998

Menkominfo Johnny G Plate (kanan).
Sumber :
  • VIVAnews/Eduward Ambarita

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan jangan sampai wabah Virus Corona COVID-19 membuat Indonesia kembali seperti saat krisis ekonomi 1998. Oleh karena itu pemerintah melakukan sejumlah upaya agar hal itu tidak terjadi. Salah satunya menjaga daya beli masyarakat.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Selain itu memgajak perusahaan swasta, baik nasional maupun global, untuk melindungi karyawannya dari virus tersebut. Pemerintah juga memberikan insentif dan kebijakan menjadi perusahaan di dalam negeri supaya bisa lebih kuat lagi.

"Pemerintah juga memberikan insentif dan kebijakan untuk menjaga agar daya tahan perusahaan di dalam negeri bisa lebih kuat. Tidak lagi terjadi seperti di tahun 1997-1998 di mana saat itu terjadi bangkrut secara besar-besaran. Jangan, jangan sampai itu terjadi," kata Johnny di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Dari sisi kesehatan, ia mengatakan pemerintah berupaya memutus jalur penyebaran Virus Corona. Hal ini dilakukan agar Indonesia bisa segera mengakhiri penyebaran dari COVID-19.

Johnny menuturkan teknis memutus jalur penyebaran ini berada di tangan Kementerian Kesehatan serta bantuan stakeholders.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Dengan semua persiapan-persiapan bahkan pengalokasian dan realokasi dana untuk memastikan ada kapasitas negara untuk memahami menjaga penularan lebih lanjut dan mengakhiri memutus jalur penyebaran COVID-19," tuturnya.

Johnny juga memastikan jika pemerintah mampu mengatasi wabah Corona tersebut. Ia mengatakan jika pemerintah juga melakukan kajian mendalam dan berkomunikasi dengan pemimpin negara dan lembaga multilateral mengenai COVID-19.

"Untuk memastikan agar penanganan Virus Corona COVID-19 di dalam negeri bisa dilakukan dengan baik. Yakinlah, kalau pemerintah mampu mengatasi wabah ini," jelas Johnny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya