Ramadan Bakal Beda karena Ada Corona, Facebook Indonesia Mau Bikin Ini

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian.
Sumber :
  • www.finmas.co.id

VIVA – Bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah akan segera datang. Namun wabah Virus Corona yang tengah melanda dunia belum juga mereda. Hal ini membuat umat Muslim, khususnya di Indonesia, harus menjalankan ibadah puasa yang berbeda dari biasanya.

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Hasil survei online yang dilakukan Facebook mengungkap bahwa 83 persen masyarakat Indonesia akan terbantu menjalankan ibadah karena kehadiran ponsel pintar.

"Kami telah menyiapkan berbagai aktivitas dan program selama Bulan Ramadan yang dapat memberikan kesempatan bagi orang-orang di Indonesia untuk membangun interaksi dan diskusi yang bermakna selama bulan suci ini," ujar Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 21 April 2020.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Dari survei juga terkuak bahwa 89 persen responden ingin tetap terhubung dengan dunia luar agar tetap dapat menerima informasi terbaru. Program juga ditujukan untuk pebisnis maupun UMKM agar tetap bisa menjangkau konsumen di tengah pandemi COVID-19.

Pieter kemudian memaparkan program pertamanya adalah Jaga Jarak, tetap Semangat. Aktivitas yang berhubungan dengan program ini adalah bazaar di rumah. Melalui virual bazaar, pelaku UMKM akan bisa berjualan dan menemukan pelanggan yang membutuhkan barang mereka.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Kemudian, Facebook juga menyediakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pamasaran secara digital. Terakhir mereka juga melakukan kemitraan untuk menjelaskan informasi seputar COVID-19 dengan cara yang kreatif agar bisa sampai ke publik.

"Selanjutnya adalah bantuan bagi pemilik bisnis. Kesehatan dan keamanan masyarakat adalah prioritas utama kami, namun dampak dari pandemi ini dirasakan oleh komunitas kami di seluruh dunia. Kami mendengar para pelaku bisnis dan memahami bahwa dukungan finansial sangat berarti untuk jangka waktu yang cukup panjang," katanya.

Facebook telah mengalokasikan dana sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,5 miliar untuk membantu 30 ribu UMKM di dunia. Tahap awal akan didistribusikan ke 30 negara tempat mereka beroperasi, termasuk Indonesia.

Program selanjutnya adalah dengan menggandeng kreator dan penyedia konten untuk membuat konten yang relevan dan menarik selama Ramadan. Program yang tengah disiapkan ini antara lain adalah acara musik, memasak, siraman rohani, dan lain sebagainya.

Pieter menambahkan jika Facebook Indonesia menyiapkan fitur terbaru untuk penggemar game online, ialah 'tournament' yang memungkinkan mereka mengundang komunitas gamers untuk bertanding. Para gamer juga dapat menikmati Ramadan overlay, virtual gifts, dan notifikasi bertemakan Ramadan 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya