Ini Beda CCTV dan IP Camera, Kamu Pilih Mana?

Smart IP Cam Bardi Smarthome Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – CCTV atau kepanjangan dari Closed Circuit Television ternyata tidak melulu soal keamanan. Selain untuk keamanan, CCTV juga bisa menjadi bagian penting untuk menciptakan gaya hidup aman dan nyaman.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Fungsi CCTV di rumah pun bisa bermacam-macam, mulai dari mengawasi paket yang datang, alternatif dalam mengasuh anak, hingga mengawasi orang mencurigakan di sekitar rumah.

Jadi, memilih untuk menggunakan CCTV di rumah jelas tidak ada salahnya, karena sistem teknologi kameranya yang berfungsi untuk melakukan pengawasan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Terlebih, kini sistem teknologi di kamera pengawasan pun telah mampu menangkap gambar beresolusi tinggi dan detail menit dari jarak maupun pencahayaan dalam kondisi apapun.

Sistem teknologi kamera pengawasan seperti ini dapat dilakukan berkat teknologi IP camera. Dengan teknologi IP camera ini, satu kamera dapat melampaui resolusi 4K kamera CCTV analog dan bahkan melakukan pekerjaan beberapa kamera dengan satu lensa.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Meskipun demikian, prinsip utama CCTV dan IP camera atau IP CCTV ini sebetulnya sama, yaitu untuk merekam video yang kemudian dikirimkan ke sebuah perangkat dan ditampilkan pada monitor. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi mana yang lebih baik untuk Anda - CCTV atau IP camera – simak penjelasan berikut ini.

CCTV

Pada CCTV, atau closed-circuit television, sistem pengawasan mengirimkan umpan dari kamera keamanan yang terhubung ke lokasi tertentu. Jaringan kamera keamanan membentuk sistem yang lengkap dan sinyalnya tidak didistribusikan secara publik ke penerima luar. Berikut ini adalah ciri-ciri kamera CCTV.

Kirim video melalui kabel coax atau UTP
Video direkam pada DVR
Semua harus di satu lokasi
Resolusi rendah
Menggunakan sinyal siaran televisi
IP Camera

IP camera, atau internet protocol camera, adalah kamera video digital yang mengirimkan rekaman video melalui jaringan komputer. IP camera adalah teknologi kamera pengawasan yang videonya disimpan secara digital menggunakan perekam video jaringan, atau NVR, bukan DVR. Selain itu, IP camera juga mudah dipasang dan memiliki kemampuan ekspansi yang fleksibel dalam hal menghubungkan kamera tambahan, sistem lain, dan aplikasi penyimpanan.

IP camera pun dapat digunakan bersama dengan sistem CCTV untuk menutupi titik-titik buta atau memiliki kamera yang kemungkinannya kecil untuk dilihat dan ditemukan.

Jika dibandingkan dengan sistem CCTV biasa, perbedaan IP camera dengan CCTV terletak pada kualitas gambar yang lebih baik, fitur perekaman yang canggih, dan kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak kamera ke sistem. Berikut ini adalah ciri-ciri IP camera.

Mengirim video melalui internet
Tidak semua perlu disimpan di satu lokasi
Peningkatan resolusi: night vision + 1080P
Menyiarkan video sebagai siaran digital
Itulah sedikit penjelasan mengenai CCTV dan IP camera. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa penggunaan IP camera merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan dalam menciptakan gaya hidup yang aman dan nyaman. Salah satu produk IP Camera yang bisa Anda percayakan adalah Smart IP Cam dari Bardi Smarthome Indonesia.

Mengapa Harus Smart IP Cam Bardi Smarthome Indonesia?

Bardi Smarthome Indonesia adalah brand smart home asli Indonesia yang menyediakan berbagai produk IP camera berkualitas, Smart IP Cam. Adapun produk Smart IP Cam dari Bardi Smarthome Indonesia terdiri atas 3 jenis, yaitu:

IP CAMERA IDR – IPC – STC
Bardi Smart IP Camera adalah kamera pintar yang dapat menyalurkan video beserta suara kepada smartphone dan sebaliknya, suara dari smartphone. Adapun IP cam Bardi ini memiliki slot penyimpanan berupa SD Card max. 128GB (tidak termasuk) dan dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi. Pada posisi gelap, IPcam ini akan otomatis beralih ke mode night vision. Untuk menggunakan kamera ini sangatlah mudah dan praktis, kamu hanya perlu menyambungkannya ke listrik dan memposisikannya sesuai keinginan, baik itu digantung di plafon maupun diletakkan di atas meja. Bardi Smart IP Camera ini juga memiliki orientasi video dalam aplikasi yang bisa diputar 180° sesuai penempatan.

IPCAM INDOOR PTZ
Bardi Smart Indoor PTZ Camera adalah kamera pintar yang dilengkapi oleh mode night vision + 1080P serta dapat menyalurkan video beserta suara kepada smartphone maupun suara dari smartphone. Bardi Smart Indoor PTZ Camera memiliki slot penyimpanan berupa SD Card max. 128GB (tidak termasuk) dan dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi. Pada posisi gelap, kamera akan otomatis beralih ke mode night vision.

Untuk menggunakan kamera ini sangatlah mudah dan praktis, kamu hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik dan memposisikannya sesuai keinginan, baik itu digantung di plafon maupun dipasang pada tembok. Bardi Smart IP Camera ini juga memiliki orientasi video dalam aplikasi yang bisa diputar 360° untuk fitur pan serta tilt 60° lebih luas dan bebas dalam melakukan pengawasan. Agar kamera dapat berfungsi dengan ideal, jangan lupa men-download aplikasi dan disambungkan dengan koneksi WIFI 2.4Ghz!

IPCAM OUTDOOR STC
Bardi Smart outdoor Static IP Camera adalah kamera pintar yang dapat menyalurkan video dan suara lewat smartphone. Bardi Smart outdoor Static IP Camera ini memiliki slot penyimpanan berupa SD Card max. 128GB (tidak termasuk) dan dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi.

Pada posisi gelap, maka kamera akan otomatis beralih ke mode night vision. Untuk menggunakan kamera ini sangatlah mudah dan praktis, kamu hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik dan memposisikannya sesuai keinginan, baik itu digantung di plafon maupun dipasang pada tembok dengan orientasi video dalam aplikasi bisa diputar 130° sesuai penempatan.

Jangan lupa juga untuk men-download aplikasi dan disambungkan dengan koneksi WIFI 2.4Ghz untuk mengoperasikan kamera dengan ideal!

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan produk Smart IP Cam dari Bardi Smarthome Indonesia, maka kamu dapat memperolehnya melalui website official Bardi Smarthome Indonesia atau melalui media sosial Instagram Bardi Smarthome Indonesia di @bardismarthome. Kamu juga bisa menonton video pengenalan produk Smart IP Cam pada link berikut ini https://youtu.be/OVCIKGOYPkU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya