Mencoba Android Go: Cara Cerdas Sekolah Online dari Rumah

Samsung Galaxy A01 Core.
Sumber :

VIVA – Masa pandemi saat ini sedikit banyak telah mengubah kebiasaan-kebiasaan lama dan memunculkan kebiasaan-kebiasaan baru.

Terkuak! Kebiasaan Mengerikan Ibu Muda Jambi Jika Hasrat Seksualnya Tak Terpenuhi

Salah satu kebiasaan baru yang muncul di masa pandemi, yakni belajar secara daring yang dilakukan oleh para murid mulai dari sekolah dasar hingga tingkat universitas.

Adanya kebutuhan ini akhirnya membuat pasar smartphone di Indonesia berlomba-lomba menghadirkan smartphone yang ringan dengan harga terjangkau.

10 Game Sepakbola Offline

Sebut saja smartphone berbasis sistem operasi Android. Dibanding sistem operasi lainnya, Android dinilai menjadi sistem operasi yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Google sendiri menjadi pihak pertama yang merilis sistem operasi Android ini. Melalui Android One, Google menghadirkan smartphone dengan spesifikasi hardware menarik, namun memiliki harga yang relatif terjangkau.

4 Sistem Operasi Ponsel Penantang Android dan iOS

Namun beberapa waktu belakangan, Google kembali menghadirkan sistem operasi Android terbaru yang diberi nama Android Go.

Program Android Go hadir dan memungkinkan Google untuk menyediakan sistem operasi update pada smartphone atau perangkat mobile dengan spesifikasi hardware rendah mulai dari ukuran RAM sebesar 512 MB atau 1 GB.

Android Go berbeda dengan Android One yang menggunakan sistem operasi standar dan murni. Di sistem operasi Android Go, Google telah melakukan modifikasi sedemikian rupa agar mampu berjalan optimal pada smartphone dengan spesifikasi hardware rendah.

Lantas apalagi kelebihan Android Go dibanding Android One?

RAM yang lebih optimal

Sistem operasi Android Go sudah mengoptimalkan penggunaan konsumsi kapasitas penyimpanan internal serta meminimalisir penggunaan RAM pada smartphone.

Hal ini tentu saja akan meningkatkan pengalaman para pemilik smartphone yang memiliki dukungan RAM hanya 1GB dan penyimpanan internal yang kurang dari 16GB. Tidak hanya itu, Google juga menyebutkan bahwa Android versi hemat ini bisa berjalan 15% lebih cepat, dan aplikasi buatan Google akan memakan memori 50% lebih kecil.

Hemat data

Google melakukan desain ulang berbagai aplikasi penting untuk versi Android Go. Semua aplikasi itu dioptimalkan untuk handphone berkemampuan rendah. Aplikasi tersebut termasuk browser Chrome, Play Store dan aplikasi Google lain, seperti Gmail, Google Go, Youtube dan aplikasi lainnya. Rata-rata aplikasi ini memiliki ukuran file yang kecil. Selain itu, aplikasi tersebut juga optimal untuk data seluler. Google menyebutnya bisa sampai 40% lebih hemat.

Aplikasi ringan Android

Dengan sistem operasi yang lebih ringkas, di Android Go-pun aplikasi yang hadir juga versi mini. Beberapa aplikasi ringan Android dengan label ‘GO’ di belakangnya, yakni Youtube Go, Files by Google, Gallery Go, dan beberapa aplikasi lainnya yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Dengan Android Go, Play Store akan memberi anjuran aplikasi yang bisa digunakan dengan baik di handphone kelas pemula.

Smartphone berbasis Android Go

Dengan sederet kelebihan sistem operasi Android Go tadi, Anda tidak perlu khawatir lagi memilih smartphone entry-level yang menawarkan berbagai keunggulan, terlebih dalam mendukung aktivitas, baik itu untuk sang buah hati saat sekolah online maupun aktivitas daring lainnya.

Nah, buat Anda pecinta Samsung, Galaxy A01 Core dapat menjadi pilihan smartphone berbasis Android Go yang bisa Anda coba. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1 jutaan, Samsung Galaxy A01 Core dapat dikatakan memiliki spesifikasi yang cukup di kelasnya.

Secara tampilan, Samsung Galaxy A01 Core bisa dibilang cukup stylish karena mengandalkan layar berukuran 5,3 inci PLC Infinity Display yang tentunya sudah HD+.

Sedangkan untuk ‘otak’ Samsung Galaxy A01 Core, Samsung membekali perangkat ini dengan chipset MediaTek MT6739WW yang telah mendukung sistem operasi Android Go.

Dari sisi kamera, Samsung Galaxy A01 Core mengandalkan resolusi 8 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan. Samsung mengklaim kamera ini sudah sangat mumpuni untuk aktivitas meeting online dan aplikasi sosial media lainnya.

Untuk spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A01 Core:

OS: Android 10 (Go edition)

Chipset: MediaTek MT6739WW (28 nm)

CPU: Quad-Core 1.5GHz

GPU: Imagination  | GE8320

RAM: 1 / 2 GB

Internal Memori: 16 / 32 GB

Layar: 5,3 inci, 720 x 1480 piksel, 18.5:9 ratio

Kamera utama: 8 MP

Kamera depan: 5 MP

Baterai: 3.000 mAh

Konektivitas: microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0

Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Warna: Hitam, Biru, Merah

Itulah tadi perbedaan Android Go dan Android One. Keduanya sama-sama murah dan menguntungkan bagi penggemar Android berbujet rendah. Dibanderol dengan harga yang super murah, dapat dipastikan jika perangkat satu ini akan mengisi lini HP murah Samsung namun dilengkapi dengan spesifikasi yang dapat menunjang berbagai aktivitas dan produktivitas, khususnya di masa pandemi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya