Sinyal Ponsel di Jalan Tol Ini Dijamin Bebas Gangguan

Jalan tol.
Sumber :
  • Kementerian PUPR

VIVA – Operator telekomunikasi Tri Indonesia memprediksi trafik data meningkat lebih besar dari tahun lalu karena menyambut Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Untuk menemani aktivitas liburan, mereka sudah meningkatkan kualitas jaringan di ratusan titik points of interest (PoI) di kawasan permukiman serta berbagai lokasi yang diperkirakan akan menjadi titik keramaian.

Selain itu, armada mobile Cells on Wheels (CoW) tambahan juga akan ditempatkan di wilayah strategis untuk menjaga kestabilan layanan dan sinyal, salah satunya jalan tol yang tersebar di Bandung, Purwokerto, Pemalang, Banguntapan, Kartasura, Surabaya-Gempol, Sumput-Gresik, dan Jembatan Suramadu.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung mengaku menjelang Natal dan Tahun Baru, tim teknikal akan terus memastikan layanan komunikasi berjalan lancar untuk seluruh pelanggan, termasuk pelanggan sektor bisnis.

"Baru-baru ini kami telah meningkatkan kapasitas jaringan di ribuan site untuk memberikan kecepatan data dan akses internet yang lebih cepat. Kami juga menambah mobile Base Transceiver Station (BTS), terutama di area-area trafik data yang tinggi," kata dia, Selasa, 21 Desember 2021.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Tri Indonesia juga terus memantau seluruh aktivitas jaringan secara menyeluruh (360 degree) melalui Digital Network Operation Center (DNOC) yang beroperasi non-stop, demikian juga layanan pelanggan 3Care yang dapat dihubungi 24 jam dalam satu minggu.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan digital terbaik dengan cakupan dan ketersediaan jaringan yang lebih luas. Selama momentum Natal dan Tahun Baru, pelanggan juga tetap bisa menikmati hiburan online seperti menonton video streaming dan bermain mobile game dengan latensi yang rendah,” ujar Desmond.

Tri Indonesia telah memperluas jangkauan di 70 desa terpencil mulai dari Kabupaten Tapanuli Selatan di Sumatra Utara hingga Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat pada tahun ini. Semua site dilengkapi dengan baterai dan generator cadangan yang membantu menjaga ketersediaan jaringan jika terjadi pemadaman listrik.

Mereka juga telah memodernisasi tiga pusat data (data center) menjadi data center Tier-3 dengan fungsi facility management yang cerdas yang dilengkapi peralatan canggih untuk keandalan yang lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya