Cepat Lelah Jadi Indikator Kematian Dini

Ilustrasi kelelahan
Ilustrasi kelelahan
Sumber :
  • HBR

VIVA – Setiap orang pasti pernah mengalami kelelahan. Biasanya kita mengabaikan perasaan itu karena kurang tidur, berjuang untuk memenuhi tenggat waktu atau gagal menyesuaikan diri dengan bertambahnya usia. 

Kelelahan fisik yang dirasakan dapat digunakan sebagai indikator kematian dini, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gerontology: Medical Sciences oleh ahli epidemiologi University of Pittsburgh.

Tim ilmuwan menerapkan Skala Kelelahan Pittsburgh pada 2.906 peserta dalam Long Life Family Study. Mereka berusia 60 atau lebih, diikuti anggota keluarga dari dua generasi. 

Tim peneliti meminta peserta untuk memberi peringkat dari 0 hingga 5 tentang seberapa lelah yang mereka rasakan setelah melakukan aktivitas tertentu. Serangkaian aktivitas berkisar dari berjalan santai selama 30 menit dan pekerjaan rumah ringan hingga aktivitas berkebun yang berat, seperti menggali.

Ilustrasi lelah usai olahraga

Ilustrasi lelah usai olahraga

Photo :
  • Planetfitness

Setelah mempertimbangkan berbagai faktor seperti depresi, kondisi yang sudah ada sebelumnya, penyakit terminal, usia dan jenis kelamin, tim menemukan bahwa peserta yang mencetak 25 poin atau lebih tinggi, 2,3 kali lebih mungkin meninggal dalam skala 2,7 tahun. 

"Ini adalah waktu di mana orang membuat resolusi tahun baru untuk mendapatkan lebih banyak aktivitas fisik. Saya berharap temuan kami memberikan beberapa dorongan untuk tetap dengan tujuan latihan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa semakin banyak aktivitas fisik dapat mengurangi kelelahan seseorang," kata penulis utama Nancy W. Glynn.