4 Cara Registrasi Kartu Tri (3) dengan Mudah, Bisa dari Gerai Mitra

Tri Indonesia.
Sumber :
  • tri.co.id

VIVA – Cara registrasi kartu Tri (3) terbilang mudah dilakukan, baik untuk pengguna baru atau pengguna lama. Sebab, registrasi kartu harus dilakukan oleh setiap pengguna kartu seluler sesuai dengan Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016. Karena itu, perlu diketahui cara registrasi kartu 3 (Tri) yang ternyata sangat praktis. Hal ini bertujuan untuk menangkal kejahatan cybercrime sebagai sebuah bentuk kriminal yang sering dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Meregistrasikan kartu adalah salah satu cara meminimalisir aksi tersebut. 

Viral! 3 Personel Polsek Main Kartu, Kini Jalani Pemeriksaan Propam Polrestabes Medan

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keunggulan tentang keamanan data yang terlindungi. Perlu diketahui juga bahwa cara mendaftarkan kartu SIM berbeda-beda untuk setiap provider, salah satunya adalah kartu 3 yang mempunyai caranya sendiri. Dengan meregistrasikan kartu 3, kamu akan memperoleh berbagai keunggulan seperti membuat data kamu menjadi aman, bisa mengekspansi layanan dan fitur yang diberikan oleh Tri, sampai mempermudah layanan transaksi tunai atau non-tunai. 

Dalam langkah-langkah mendaftarkan kartu Tri cukup mudah untuk dilakukan. Setidaknya, terdapat dua buah cara yang dapat dilakukan untuk meregistrasikan kartu tersebut. Kamu dapat melakukan registrasi lewat fitur SMS atau melalui situs online resmi dari provider Tri. Bukan hanya itu, kadang ada juga orang yang mengalami masalah saat meregistrasikan kartu Tri sehingga tidak berhasil. Nah, berikut adalah ulasan selengkapnya tentang cara registrasi kartu 3 yang disadur dari berbagai sumber. 

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

1. Cara Registrasi Kartu 3 Melalui SMS

Ilustrasi pesan singkqt SMS.

Photo :
  • U-Report
Tri Ingin Memanjakan Gen Z

Cara registrasi kartu 3 pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memakai fitur SMS yang ada di ponsel kamu. Kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat ke nomor 4444. Bukalah aplikasi SMS yang ada di ponsel kamu dan kemudian masukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). 

Perlu diketahui bahwa cara registrasi kartu 3 ini mempunyai format tersendiri yaitu NIK#Nomor KK. Setelah itu, kirimkan SMS dengan format tersebut ke nomor 4444. Tunggu beberapa waktu sampai ada SMS balasan yang memberikan pemberitahuan bahwa proses registrasi kartu Tri kamu berhasil dilakukan. 

2. Registrasi Kartu 3 Melalui Situs Online

three

Photo :
  • kaskus.us

Untuk meregistrasikan kartu 3 melalui situs online ternyata lebih mudah dilakukan. Kamu hanya tinggal masuk ke laman https://registrasi.tri.co.id kemudian klik tombol pilihan Registrasi Kartu Prabayar. Di sini kamu akan diminta untuk melengkapi formulir singkat. Kamu perlu menambahkan nomor Tri yang akan diregistrasikan, NIK, dan nomor KK. 

Data tambahan lain adalah kode khusus yang akan dikirimkan secara langsung lewat SMS, kemudian 4 angka terakhir nomor seri (ICCID). ICCID atau Integrated Circuit Card Identifier ini merupakan 19 digit angka yang tertulis di kartu SIM kamu.

3. Cara Registrasi Kartu 3 Melalui Dial Up

Ilustrasi nomor telepon.

Photo :
  • U-Report

Cara registrasi kartu 3 untuk pengguna baru berarti kamu harus mendaftarkan kartu perdana yang baru. Kamu hanya perlu membuka menu Dial Up atau panggilan di ponsel. Kemudian pada menu tersebut ketik angka *4444# dan pilih call. Pilih angka 1 untuk melanjutkan proses registrasi kartu. Tambahkan NIK dan Nomor KK, tunggu beberapa saat sampai menerima notifikasi pendaftaran telah selesai. 

4. Cara Registrasi Kartu 3 Melalui Gerai

Tri Indonesia

Photo :
  • tri.co.id

Untuk kamu yang menggunakan kartu 3 (Tri) juga dapat melakukan registrasi kartu dengan cara mendatangi gerai 3Store atau Gerai Mitra Tri yang terdekat di kota kamu dengan membawa beberapa data registrasi. Adapun untuk persyaratan yang perlu disiapkan adalah NIK dan Nomor KK. 

Dengan mendatangi gerai resmi, kamu juga dapat melakukan konsultasi bila menemukan masalah saat registrasi. Setelah itu, akan ada proses validasi yang merupakan bagian dari proses registrasi kartu perdana kamu. 

Kendala yang Sering Dihadapi

Ilustrasi pemerasan melalui telepon.

Photo :
  • Istimewa

Selain kamu harus memahami cara registrasi kartu 3, kamu juga harus mengetahui kendala-kendala seperti apa yang mungkin terjadi dan akan membuat kamu tidak dapat melakukan proses pendaftaran kartu. Atau ketika kamu memperoleh notifikasi bahwa kamu tidak dapat mendaftarkan nomor Tri milik kamu. 

1. Salah Memasukkan Nomor

Patikan bahwa kamu sudah menyalin langsung data-data pribadi yang diperlukan untuk proses registrasi, seperti NIK dan nomor KK yang berasal dari surat aslinya. Sebelum mengirimkan pesan, ada baiknya dicek terlebih dahulu apakah nomor yang dimasukkan sudah sesuai atau belum. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa data yang ditambahkan berasal dari dokumen sendiri, bukan milik orang lain, sehingga datanya akan sesuai. 

2. Nomor Data Sudah Terpakai

Pemerintah pernah membuat aturan pembatasan untuk proses registrasi tersebut, bahwa satu NIK hanya dapat dipakai untuk registrasi sebanyak tiga kali saja. Akan tetapi, peraturan ini kemudian direvisi dan menjadi bisa registrasi kartu tanpa batas dengan satu NIK. Asalkan kartu provider yang bersangkutan sering melakukan pembaruan data berkala tiga bulan sekali. Jadi, sebab yang kedua ini dapat terjadi meski kemungkinan memang kecil. 

Kedua poin itu merupakan penyebab yang paling terjadi ketika kamu gagal melakukan registrasi. Akan tetapi, selama dilakukan dengan teliti dan benar, proses registrasi kartu Tri ini akan mudah untuk dilakukan. 

Cara Unreg Kartu 3

Kartu SIM atau SIM card.

Photo :

Setelah mengetahui cara registrasi kartu 3, informasi mengenai cara unreg atau membatalkan pendaftaran juga harus diketahui. Apalagi bila kamu sudah mendaftarkan kartu Tri lebih dari 3 kali, maka bisa melakukan unreg kartu. Cara unreg ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama melalui SMS, kamu hanya tinggal membuka pesan di ponsel. Kemudian buat pesan baru dan ketikkan format UNREG#NIK#, misalnya UNREG#1234567890#.

Kedua adalah cara unreg kartu 3 secara online. Kamu hanya perlu mengunjungi situs https://registrasi.tri.co.id/ kemudian pilih opsi Unreg. Setelah itu, kamu akan masuk ke laman untuk proses unreg. Setelah itu, masukkan data seperti nomor kartu Tri dan NIK. Berikutnya klik Minta Kode Rahasia. Kemudian masukkan kode tersebut di laman website unreg kartu Tri. 

Pastikan untuk langsung memasukkan kode itu lantaran hanya mempunyai waktu singkat sekitar 5 menit saja. Pilih I’m Not Robot. Bila sudah sesuai klik kirim dan tunggu beberapa saat sampai proses unreg kartu Tri berhasil. 

Kartu e-Toll

Aturan Kedaluwarsa Kartu E-Toll Tak Berlaku di Mudik Lebaran 2024

Kartu e-toll alias uang elektronik ternyata bisa mengalami kedaluwarsa saat digunakan di jalan tol jika kendaraan sudah berada cukup lama di dalam tol.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024