Menggelorakan Metaverse di Indonesia

Metaverse.
Sumber :
  • Panda Security

VIVA – Pengguna kripto di Indonesia semakin meningkat. Dari 4 juta pengguna di 2020 menjadi 11 juta pengguna pada 2021 dengan total volume transaksi mencapai Rp859,4 triliun.

Ethereum Dilihat sebagai Versi Internet Berikutnya

Untuk itu, Indonesia diharapkan menjadi pemain utama di sektor Blockchain, dan ke depannya, aset kripto buatan Indonesia menjadi salah satu komoditas ekspor.

Adapun perkembangan teknologi metaverse di Indonesia diklaim mulai menunjukkan kemajuan yang nyata.

Unik! Kini Hadir Parfum Kolaborasi dengan AI Technology

"Tentu saja melalui edukasi secara intensif, besar harapannya mampu menciptakan crypto savy di lapisan masyarakat Indonesia," kata Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, Senin, 14 Maret 2022.

Hal ini terlihat dari kolaborasi Asosiasi Cipta Karsa Adikarya (Cakra) dan Litedex Protocol yang melakukan 'metaverse signing agreement' atau penandatanganan kerja sama melalui metaverse, sehingga terjalinnya kerja sama keduanya berupa edukasi Blockchain ke 14 ribu SMK dan Politeknik di seluruh Indonesia.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Target itu sekaligus menjadi visi Cakra dan Litedex Protocol untuk menciptakan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat di industri game dan Blockchain.

Kesepakatan tersebut juga menjadi momentum prestisius bagi perkembangan teknologi metaverse di Tanah Air, lantaran keduanya merupakan platform karya anak bangsa berorientasi global.

Ilustrasi teknologi Blockchain.

Photo :
  • Entrepreneur

Sebagai asosiasi game developer dan Blockchain developer, Cakra, dan Litedex Protocol akan melakukan kerja sama jangka panjang untuk pengembangan dunia metaverse di Tanah Air.

Dengan begitu dibutuhkan tenaga ahli yang mumpuni dalam jumlah besar. Menghadapi tantangan sekaligus peluang di era metaverse, Indonesia akan membutuhkan talenta-talenta yang berkualitas dan unggul seiring hadirnya teknologi baru seperti Blockchain dan turunannya seperti non-fungible token (NFT), play-to-earn games, dan metaverse.

"Industri-industri baru ini bisa membuka jutaan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Dalam 5 hingga 10 tahun ke depan diperkirakan membutuhkan sekitar 15 juta tenaga ahli untuk mengembangkan proyek-proyek digital di dunia Blockchain," jelas Jerry Sambuaga.

Untuk mengejar perubahan dunia yang semakin cepat, Indonesia pun harus proaktif dalam menyesuaikan kurikulum baik di tingkat pendidikan vokasi maupun perguruan tinggi, di mana tentunya harus bekerja sama dengan pelopor-pelopor yang ahli di bidangnya masing-masing.

Litedex Protocol adalah perusahaan lokal yang fokus untuk membangun fondasi metaverse dengan konsep MetaFinance.

"Kami berkomiten untuk membagikan pengetahuan teknologi Blockchain dan turunannya ke berbagai institusi pendidikan untuk mengejar ketertinggalan di tengah pesatnya perkembangan teknologi," ujar Kepala Eksekutif Litedex Protocol, Andrew Suhalim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya