Cara Unreg Kartu Axis, Cepat dan Gak Bikin Ribet

Ilustrasi buka ponsel untuk unreg kartu.
Sumber :
  • Pixabay/DariuszSankowski

VIVA – Cara unreg kartu Axis rupanya masih banyak dicari oleh pengguna dari provider itu sendiri. Selain banyak yang melakukan pendaftaran atau registrasi, nyatanya melakukan unreg pada kartu SIM juga banyak dilakukan oleh beberapa pengguna.

Jangan Ketinggalan Info Garansi iPhone 15 di Indonesia! Baca Lengkap di Sini

Ada beberapa hal yang mendorong para pengguna kartu provider melakukan penonaktifkan atau menonaktifkan kartu SIM miliknya. Salah satunya ingin menggunakan kartu provider lainnya. 

Nah ketika Anda ingin menggunakan atau mengganti kartu SIM Anda dengan yang baru, maka lakukanlah registrasi terlebih dahulu. Nah tahukah kalian, jika ingin melakukan pendaftaran atau registrasi ada ketentuan baru yang perlu diikuti para pengguna provider.

Kolaborasi dengan Provider Telekomunikasi, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Bakal Bisa Nikmati WiFi

Kartu SIM atau SIM card.

Photo :

Yaitu dengan mempersiapkan beberapa data yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran nomor baru. Data yang dibutuhkan tersebut adalah NIK dan Nomor Kartu Keluarga. Jika Anda sudah melakukan registrasi ulang pada nomor baru Anda, maka langkah selanjutnya Anda perlu melakukan unreg atau proses menonaktifkan nomor lama pada kartu SIM yang digunakan sebelumnya.

Korlantas Polri Siapkan Teknologi Baru untuk Data Kendaraan

Proses unreg dilakukan untuk mematikan SIM Card  yang sudah tidak lagi digunakan. Tidak hanya itu, unreg pada kartu juga kerap dilakukan karena ada beberapa alasan lainnya. Mulai dari kartu rusak, kartu hilang, kartu sudah melewati masa tenggang atau memiliki kartu lebih dari dua bahkan lebih.  Lantas, bagaimana kalau kita tidak melakukan proses unreg pada kartu SIM?

Ada beberapa hal yang akan terjadi, jika kita tidak melakukan unreg pada kartu SIM yang sudah tidak layak digunakan lagi.  Jika kita tidak melakukan proses unreg kartu SIM, maka kartu yang sudah tidak lagi digunakan bisa dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan dan bisa memungkinkan terjadinya penyalahgunaan data pribadi yang bisa dicari tahu dengan mencari identitas dari kartu sebelumnya.

Bukan hanya itu, pentingnya proses unreg pada sim sebelumnya juga berguna agar tidak adanya data double yang tersimpan di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Oleh karena itu, seluruh operator yang ada di Indonesia menyajikan cara unreg pada masing-masing provider kartu yang digunakannya. Setiap provider tentu memiliki cara unreg yang berbeda-beda, mulai dari Telkomsel, Indosat, 3 dan lainnya. Termasuk provider Axis, untuk mengatasi kendala-kendala pada kartu SIM nya seperti di atas.

Selain itu, cara unreg juga bervariasi mulai dari mengirim pesan singkat, melakukan panggilan operator, mendatangi langsung ke gerai provider hingga menggunakan website resmi provider yang bersangkutan. Nah berikut ini kami akan jelaskan cara unreg kartu khusus untuk pengguna provider Axis. Adapun caranya seperti yang ada berikut ini.

Axis

Photo :
  • Axis

Cara Unreg Kartu Axis

Pentingnya melakukan unreg pada kartu SIM Anda, agar terhindar dari berbagai tindak kejahatan elektronik dan penyalahgunaan kartu SIM. Ditambah melihatnya keterbatasan penggunaan nomor telepon, ada baiknya untuk segera melakukan unreg atau menon aktifkan kartu yang sudah tidak lagi layak digunakan.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti yang ada berikut ini.

1. Cara Unreg Kartu Axis dengan SMS

 

Ilustrasi pesan singkat

Photo :
  • pixabay/brett_handou


Salah satu cara unreg kartu sim Axis, yaitu dengan menggunakan layanan SMS. Cukup dengan memanfaatkan ponsel Anda, semua bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Ditambah,layanan via SMS tidak dipungut biaya sedikit pun.

Jadi, para pengguna Axis tidak lagi perlu khawatir, jika pulsa Anda akan tersedot. Sebenarnya, cara unreg kartu Axis dengan SMS mudah banget.  Nah berikut ini terdapat urutan cara yang bisa dilakukan untuk unreg melalui SMS.

- Siapkan KTP atau KK yang memiliki Nomor Induk  Kependudukan (NIK).
- Buka fitur SMS di HP.
- Ketik UNREG#Nomor yang ingin dinonaktifkan. Contoh: UNREG#088212345678.
- Kirim pesan tersebut ke nomor 4444.

Setelah itu Anda akan menerima notifikasi dari pihak provider, kalau nomer Anda sebelumnya sudah dinonaktifkan. 

2.  Cara Unreg Kartu Axis melalui Gerai

Penyerahan BlackBerry Gemini di Axis Center

Photo :
  • axisworld.co.id

Jika cara unreg kartu Axis tidak berhasil alias gagal, jangan panik! Masih ada cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk segera menonaktfikan kartu SIM Anda. Tapi, jangan patah semangat! Kamu tetap bisa melakukan unreg untuk kartumu yang hilang dengan cara mendatangi langsung ke gerai.

Selain melalui fitur SMS, cara unreg kartu Axis lainnya yaitu dengan langsung mengunjungi gerai Axis.  Sebelum mengunjungi gerai Axis, pastikan kamu membawa data yang dibutuhkan, seperti NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Setelah itu, Anda bisa menyampaikan permasalahan, keluhan dan keperluanmu kepada petugas. Nantinya, kamu akan diminta untuk menunjukkan nomor KK dan nomor NIK yang tertera di KTP.

Melihat NIK yang Sudah Terdaftar

Setelah diterbitkannya Peraturan Menteri (PM) No. 14 Tahun 2017 yang dikeluarkan oleh Kominfo, masyarakat diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu seluler dengan menggunakan NIK dan KK.

Registrasi dengan NIK dan KK maksimal hanya bisa dilakukan untuk tiga SIM card saja di setiap provider. Artinya, jika sudah menggunakan NIK dan nomor KK untuk tiga kartu Axis, maka tidak lagi bisa melakukan registrasi.

Nah berikut ini adapun cara yang bisa digunakan untuk mengecek jumlah SIM Card yang sudah terdaftar dengan nomor KTP. Dan berikut caranya;

1. Buka fitur panggilan di handphone.
2. Masukkan nomor *123*4444#, lalu tekan Call atau OK.
3. Kamu akan melihat data nomor Axis yang menggunakan nomor KTP kamu.

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Axis

Ada beberapa kasus yang sering dialami oleh kartu SIM. Di mana sering kali kita mendapati kasus, jika kartu Axis tiba-tiba hangus dan tidak dapat digunakan lagi. Biasanya penyebab dari hangus dan tidak dapat digunakan lagi, karena kartu Axis Anda telah melewati masa-masa tenggang. Dan menariknya, ternyata sekarang para pengguna dapat mengaktifkan kembali kartu Axis yang telah hangus dengan cara online, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Pertama-tama, siapkan Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga dan juga kartu Axis lama Anda;

2. Siapkan nomor HP lain untuk melakukan video call;

3. Kunjungi situs xl.co.id/id/bantuan/xlcenter;

4. Isi formulir yang diberikan secara lengkap;

Nah, setelah formulir sudah diisi semua dan secara lengkap Anda akan mendapatkan kartu Axis baru yang dapat Anda ambil di XL Center terdekat yang ada di kota tempat Anda tinggal.

Cara Mudah Cek Nomor Axis

Melalui Aplikasi AXISnet

Berikut ini terdapat cara untuk mengetahui dan mengecek nomor Axis dengan aplikasi AXISnet. Bisa dibilang, cara ini cukup mudah karena hanya melaluiAplikasi Axisnet. AXISnet merupakan sebuah aplikasi berbasis digital yang diluncurkan oleh AXIS dan pastinya dapat memberikan langkah yang sangat mudah untuk fitur ini, yaitu pengecekan nomor AXIS.

Jika kalian belum memiliki aplikasi AXISnet, Anda bisa langsung unduh sekarang di App Store atau Play Store. Silakan lakukan registrasi dan login ke dalam aplikasi terlebih dahulu. Ketika sudah masuk, Anda dapat langsung mengetahui nomor Axis Anda, masih aktif atau tidak. ,

Nah itu tadi beberapa penjelasan seputar proses unreg atau menonaktifkan kartu SIM yang bisa Anda gunakan untuk panduan. Apabila masih juga menemukan kendala dengan cara-cara di atas. Anda juga dapat melakukan proses unreg dengan mendatangi gerai provider terdekat. Terpenting, Anda jangan sampai lupa menyiapkan bukti identitas diri berupa KTP elektronik atau Kartu Keluarga.

Dengan langsung berkunjung ke gerai terdekat, diharapkan semua keluhan yang dialami bisa mendapatkan solusinya. 

Bea Cukai talkshow radio mengenai modus penipuan dan registrasi IMEI

Bea Cukai Jelaskan Cara Registrasi IMEI dan Modus Penipuan di Dua Kota Ini

Bea Cukai mengadakan edukasi melalui talkshow radio mengenai modus penipuan dan registrasi IMEI.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023