Telkomsel Perkuat Jaringan di Titik Transit

Menara BTS Telkomsel.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Operator telekomunikasi Telkomsel memastikan penguatan jaringan broadband di seluruh titik transit transportasi dan sepanjang jalur mudik Lebaran 2022.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Sejumlah upaya yang sudah dilakukan antara lain dengan melakukan penambahan infrastruktur BTS 4G/LTE, pengoperasian Compact Mobile BTS (COMBAT), dan penambahan kapasitas jaringan.

"Kami juga melakukan monitoring berkala untuk pengamanan kualitas akses jaringan hingga momen arus balik Lebaran," kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho di Polairud Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat, 29 April 2022.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Selama momen Ramadhan, anak usaha Telkom ini sudah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, yang difokuskan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia, terutama jalur mudik di Jawa dan Sumatera.

"Kami memprediksi Jawa dan Sumatera menjadi jalur paling padat di momen mudik Lebaran," ungkap dia. Untuk jalur mudik Lebaran Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Nugroho mengaku sudah menambah sebanyak 516 unit BTS 4G/LTE baru dan mengoperasikan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Sedangkan, untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik Lebaran di Sumatera, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrade sebanyak 271 BTS 4G/LTE.

Upaya penguatan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomsel melalui peningkatan kapasitas di 872 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 688 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

"Kami juga turut melakukan penambahan kapasitas jaringan sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node), sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi menjadi 10.032 Gbps. Untuk Internet IX, ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps," jelas Nugroho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya