10 Fakta Waisak Umat Buddha, Menarik untuk Diketahui

Umat Buddha merayakan Waisak.
Umat Buddha merayakan Waisak.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiansyah

VIVA – Fakta Waisak umat Buddha sepertinya menarik untuk kita bahas kali ini. Waisak yang merupakan hari raya terpenting  dalam tradisi Buddha. Di mana Waisak dirayakan di seluruh dunia oleh kedua cabang agama Buddha yakni, Theravada dan Mahayana.

Begitu banyak tradisi kepercayaan membanggakan diri pada ritual tertentu yang dilakukan oleh semua pengikut pada hari yang sama. Sebaliknya, Waisak seperti kebanyakan hari raya umat Buddha sangat dipengaruhi oleh beragam budaya yang ada. 

Perayaan Waisak 2555 BE

Perayaan Waisak 2555 BE

Photo :
  • ANTARA/ Nyoman Budhiana

Dalam perayaan Waisak ini biasanya umat Buddha akan melakukan berbagai tradisi dan ritual tertentu. Dan biasanya dipengaruhi darimasing-masing budaya yang ada. Sehingga, begitu banyak cara agar umat Buddha bisa menikmati Waisak di berbagai negara.

Jika kalian penasaran, ingin tahu bagaimana perayaannya, berikut ini akan kami sajikan sederet fakta waisak umat Buddha, yang menarik untuk diketahui, seperti yang dikutip dari laman Multicultural Kids.

1. Waktu Perayaan Waisak

Waisak dirayakan pada bulan purnama di bulan lunar, yang berarti Waisakha. Di mana perayaan ini biasanya bertepatan dengan bulan Mei dalam kalender Gregorian. Namun, tanggal pasti di negara mana pun bergantung pada kalender mana yang digunakan (Cina, India, dan lain sebagainya), serta perayaan bulan purnama setempat.