Dua Astronot Bakal Dikirim dan Tinggal 30 Hari di Mars

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.
Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.
Sumber :
  • SpaceNews

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA berencana mengirim dua astronot ke Mars dan tinggal selama selama 30 hari di Planet Merah itu.

Untuk melancarkan misi ini, mereka ingin publik menanggapinya melalui jajak pendapat yang dimulai sejak 17 Mei hingga 3 Juni 2022.

Direktur Arsitektur Luar Angkasa NASA Kurt Vogel mengaku ingin memaksimalkan peran sains dalam misi mengirim manusia ke Mars.

"Kami juga mengizinkan mereka untuk berkeliling terlebih dahulu sebelum mereka beradaptasi dengan pakaian luar angkasa serta berjalan dalam 30 hari. Itu semua mengandalkan sains," kata dia.

NASA menargetkan untuk mengirim astronot ke Mars pada akhir 2030 atau awal 2040, seperti dikutip dari situs Space, Kamis, 26 Mei 2022.

Misi ini jelas sangat menantang. Sebab, pendanaan dan teknologi akan bermain pada waktu yang tepat. Misalnya, waktu tempuh yang masih membutuhkan sekitar 500 hari memberikan jarak antara Bumi dan Mars.

Sebagaimana diketahui, atmosfer tetangga Bumi itu sangat tipis. Volumenya hanya satu persen dari atmosfer Bumi. Hal ini disebabkan karena ukuran Mars hanya setengah dari Bumi sehingga gaya gravitasinya tidak cukup kuat untuk menahan gas agar terlepas ke angkasa.