Samsung Lagi Semringah

Tamara Dewi Gondo Soerijo dengan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.
Tamara Dewi Gondo Soerijo dengan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.
Sumber :
  • Samsung indonesia

VIVA – Samsung Electronics akan mengumumkan laporan keuangan mereka pada Kuartal kedua tahun 2022 pada minggu ini.

Analis memperkirakan, terdapat peningkatan keuntungan  15.6 persen yang berhasil diraup oleh raksasa teknologi asal Korea Selatan ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Angka ini terlepas dari turunnya angka penjualan elektronik konsumen dan pengiriman smartphone yang juga turun hingga mencapai 61 juta unit pada April hingga Juni kemarin.

Penurunan diperkirakan sebesar 16 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Adapun, penurunan ini turut berdampak terhadap penurunan keuntungan Samsung kurang lebih sebesar, KRW600 juta (Rp6,9 M) dibandingkan dengan tahun lalu. Dikutip dari situs gsmarena, Rabu, 6 Juli 2022.

Sektor bisnis layar panel Samsung juga menunjukkan menurunnya permintaan yang diprediksi juga turut menyebabkan penurunan keuntungan senilai KRW 300 juta (Rp3,5 M) dibandingkan tahun kemarin.

Sementara, untuk penjualan peralatan rumah tangga Samsung anjlok hingga KRW 500 juta (Rp 5,8 M) atau hanya setengah dari pendapatannya tahun lalu.

Smartphone Samsung juga menunjukkan tren yang sama. Diperkirakan pengiriman smartphone Samsung menurun hingga 16 persen jika dibandingkan dengan angka pada kuartal pertama 2022 dengan penurunan keuntungan operasi mencapai KRW 600 triliun Rp 6,9 T). Dikutip dari situs Yonhap.