Lima Objek Pertama Diungkap Teleskop Luar Angkasa James Webb

Teleskop James Webb.
Sumber :
  • www.jwst.nasa.gov/Flickr

VIVA – NASA mengungkapkan lima daftar objek kosmik pertama yang akan ditargetkan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) yang merupakan penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble dan telah diluncurkan pada Desember 2021.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Adapun, kelima target ini meliputi Nebula Carina, spektrum WASP-96 b, Nebula cincin selatan, kelompok galaksi Stephan's Quintet, dan SMACS 0723. Dikutip dari situs BGR, Senin, 11 Juli 2022.

Pertama, Nebula Carina merupakan nebula terbesar dan paling terang di langit yang berjarak 7.600 tahun cahaya dari Bumi dengan ukuran yang beberapa kali lebih besar dibandingkan dengan Matahari.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Selain itu, Nebula carina ini juga merupakan tempat di mana bintang-bintang terbentuk dan dipenuhi dengan bintang-bintang masif.

Kedua, spektrum WASP-96 b sebagai planet besar berukuran setengah dari Planet Jupiter yang ditemukan di luar sistem solar kita yang sebagian besarnya dibentuk dari gas dan berjarak sekitar 1,150 tahun cahaya dari Bumi.

Eropa Siapkan Proyek Gerhana Matahari Buatan, Buat Apa?

Ketiga, Nebula Cincin Selatan yang juga dikenal sebagai nebula "delapan ledakan" yang berjarak 2.000 tahun cahaya dari Bumi dan dikenal dengan awan gas yang terus berkembang yang mengelilingi bintang dengan diameter hampir setengah tahun cahaya.

Adapun, untuk dua target yang lainnya adalah kelompok galaksi Stephan’s Quintet yang berjarak sekitar 290 juta tahun cahaya dan SMACS 0723 yang merupakan gugus galaksi masif.

NASA mengatakan, bersamaan dengan dirilisnya gambar pertama ini, maka secara resmi operasi sains James Webb ini juga dimulai.

"Perilisan gambar pertama ini menandai awal dari operasi sains Webb, yang akan terus mengeksplorasi tema sains utama misi tersebut. Tim telah menerapkan proses yang ketat terhadap waktu untuk menggunakan teleskop, yang oleh para astronom disebut "siklus" pertama, atau tahun pertama pengamatan", seperti dikutip dari situs NASA, Senin, 11 Juli 2022.

Nantinya, NASA akan mengumumkan kelima objek kosmik pertama yang ditangkap oleh JWST ini melalui siaran langsung NASA pada Selasa, 12 Juli 2022 pukul 10.30 pagi waktu setempat.

Selain itu, nantinya setiap gambar dari kelima objek kosmik ini juga akan secara bersamaan tersedia di sosial media dan maupun situs resmi NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya