Palapa, Aplikasi Pesan Instan Lokal yang Siap Menggeser WhatsApp

Aplikasi pesan instan lokal Palapa.
Sumber :
  • App Store/Palapa

VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo sesumbar jika aplikasi pesan instan lokal Palapa milik anak bangsa mampu menggantikan posisi WhatsApp jika platform milik Meta itu sampai benar-benar diblokir.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

“Saya tidak takut kalau mereka (WhatsApp dan PSE besar lainnya) enggak ada (hengkang). Begitu enggak ada, banyak juga anak-anak bangsa yang bisa membangun (aplikasi serupa) kok. Ini bukan hal yang susah,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, di Kompleks Gedung Kominfo, Jakarta, Selasa, 19 Juli 2022.

Lebih lanjut ia menyebutkan sejumlah aplikasi pesan instan buatan anak bangsa yang bisa menjadi alternatif jika WhatsApp menghilang dari Indonesia. “Sudah banyak sekali kok. Ada Palapa, ada juga PeSankita,” tutur Semuel.

Realme Menyapa Pengguna Lewat WhatsApp

Berdasarkan penelusuran VIVA Tekno, Aplikasi pesan instan Palapa dan PeSankita Indonesia merupakan aplikasi yang sama. 

Hal ini diketahui berdasarkan bagian deskripsi pada aplikasi Palapa di App Store yang menuliskan, “The next generation of PeSankita Indonesia (PS)”, seperti dikutip dari App Store.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Adapun, aplikasi pesan instan Palapa baru tersedia di App Store untuk iOS, tapi masih belum tersedia di Google Play Store untuk Android. Di App Store, Palapa mendapatkan rating 4.7 dari 100 orang yang telah mengulas aplikasi ini.

Selain itu, Palapa juga telah terdaftar ke situs PSE Kominfo tertanggal 18 Juli 2022 dengan Nomor Tanda Daftar PSE 003639.01/DJAI.PSE/07/2022. Aplikasi pesan instan ini dikembangkan oleh XecureIT dan telah diluncurkan sejak September 2020.

XecureIT PT Iman Teknologi Informasi berdiri sejak 2005 dan merupakan perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di bidang keamanan siber.

Beberapa fitur andalan yang ditawarkan aplikasi pesan instan Palapa adalah grup dengan anggota yang tidak terhingga, mengirim dokumen, audio, video, dan gambar hingga 100MB, menerapkan end-to-end encryption pada panggilan video dan suara, pesan suara, maupun chat pribadi dan grup.

Selain itu, Palapa juga menawarkan notifikasi tangkapan layar pada chat jika pengguna lainnya mengambil tangkapan layar tersebut. Soal keamanan data pribadi, XecureIT mengklaim sudah mengantongi berbagai sertifikasi keamanan internasional profesional.

Sertifikat ini antara lain Certified Information Systems Auditor (CISA), Certified Information Systems Security Professional (CISSP), Offensive Security Certified Professional (OSCP), and ISO 27001 Information Security Management System (ISMS) Lead Auditor, mengutip dari profil akun LinkedIn XecureIT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya