Cara Kerja Pembersih Udara Ini Mirip Bunglon

LG PuriCare Bunglon.
Sumber :
  • LG Electronics Indonesia

VIVA Tekno – Di tengah masa pandemi COVID-19 yang mendorong semakin besarnya perhatian pada kualitas udara di dalam rumah, LG Electronics Indonesia menghadirkan pembersih udara atau air purifier terbaru, LG PuriCare Bunglon.

Raih TKDN, LG Semakin Siap Dukung Digital Display Untuk Kebutuhan Bisnis dan Dunia Pendidikan

Menurut Product Director Air Solutions LG Electronics Indonesia, Changmin Han, sistem penyaringan udara yang canggih dengan balutan desainnya yang cantik menjadi tawaran utama.

"Estetika desain menjadi faktor penting mengingat penempatan air purifier pada ruang favorit di rumah seperti kamar tidur maupun ruang keluarga," kata dia, Rabu, 27 Juli 2022. Lantas, apa saja kecanggihan yang 'menempel' di dalam LG PuriCare Bunglon?

Milenial dan Gen Z Diajak Menerapkan Gaya Hidup Ini

Bicara soal kecanggihan sistem filtrasi air purifier terbaru LG ini tentu tidak bisa lepas dari kelengkapan lapisan filter di dalamnya. Bertindak pada bagian depan sistem penyaringan ini adalah pre filter.

Dengan dimensi jaringnya yang lebih besar, maka filter ini bertugas memerangkap bulu hewan peliharaan, rambut, debu dan partikel berukuran besar lainnya. Pada lapisan berikutnya ada fine dust atau allergen filter.

Fakta Mengejutkan 'Food Waste' di Indonesia

Sesuai namanya, filter ini menangkap debu halus serta alergen yang berukuran lebih kecil yang mungkin lolos dari pre filter. Bahkan, untuk kemampuan menangkap partikel mikro ini, LG PuriCare Bunglon memiliki kemampuan mulai dari particulate matter 10, 2.5 dan 1.0 (PM 10, PM 2.5 dan PM 1.0).

Pembersih udara itu pun diklaim mampu menghilangkan formaldehyde dan kontaminan lain yang melayang bersama udara seperti sulfur dioxide (SO2) serta nitrogen dioxide (NO2).

Di samping itu juga, raksasa elektronik Korea Selatan tersebut melengkapi air purifier terbarunya ini dengan odor filter, yang tugasnya menyaring bau tak sedap yang melayang bersama udara.

Product Director Air Solutions LG Electronics Indonesia, Changmin Han (kiri).

Photo :
  • LG Electronics Indonesia

"Melengkapi kinerja seluruh filter di dalam pembersihan udara, kami menambahkan fitur ionizer. Tugasnya memerangkap dan mengeliminasi virus dan bakteri," tutur Han.

Ia juga mengingatkan bahwa nama bunglon yang tersemat pada air purifier terbaru LG ini karena berbentuk menyerupai tabung yang menjulang ini sebenarnya merujuk pada lampu indikatornya.

Nah, indikator pintar ini akan berubah warna menjadi penanda bagi pengguna terkait kualitas udara dalam ruangan. Han menjelaskan terdapat empat warna indikator kualitas udara.

Merah menandakan kualitas udara sangat buruk. Oranye sebagai penanda kualitas udara buruk. Kuning memberi sinyal kualitas udara diambang normal. Khusus untuk kualitas udara baik, maka lampu indikator akan memendarkan cahaya berwarna hijau.

"Dengan indikator pintar yang bisa berubah-ubah warna (seperti bunglon) ini maka pengguna akan mendapat sinyal kualitas udara dan menentukan waktu terbaik saat akan beraktivitas di dalam ruang tersebut," jelas dia.

Selain pendar dari lampu indikator bagi kualitas udara keseluruhan, LG PuriCare Bunglon juga dilengkapi indikator yang memberikan penanda tingkat debu dalam udara.

Ditampilkan dalam angka, hal ini memberikan kemudahan pengguna untuk mengevaluasi kualitas udara ruang dan sumber polutan dengan lebih cepat. LG PuriCare Bunglon dibanderol seharga Rp4 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya