SpaceX dan NASA Dikabarkan Akan Kirim Pesawat ke Teleskop Hubble

Teleskop Hubble ditangguhkan di atas pesawat ulang alik Discovery.
Sumber :
  • www.nasa.gov

VIVA Tekno – SpaceX dan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dikabarkan telah bersepakat perihal kunjungan pesawat milik SpaceX untuk menghembuskan nafas baru terhadap teleskop luar angkasa Hubble.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Kedua pihak mengumumkan bahwa mereka bermitra dalam sebuah penelitian yang akan melihat apakah misi semacam itu mungkin atau tidak, dilansir dari situs The Verge, Jumat, 30 September 2022.

Penelitian ini akan memakan waktu sekitar enam bulan untuk dituntaskan. Nantinya, penelitian ini juga akan melibatkan program Polaris, usaha penerbangan antariksa manusia yang didanai oleh miliarder Jason Isaacman.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Kendati begitu, masih belum jelas apakah misi ini nantinya akan membutuhkan awak kapal yang turut serta kesana atau apakah kapsul Naga pembawa kargo otonom milik SpaceX akan lebih baik untuk pekerjaan itu.

Jika misi itu layak dan disetujui, itu akan memberi SpaceX kesempatan untuk memperlebar kemampuannya.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Sebagai informasi tambahan, teleskop luar angkasa Hubble terletak di orbit rendah Bumi, telah dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa selama 32 tahun hidupnya.

Pesawat Ulang-alik NASA melakukan lima misi ke Hubble untuk memperbaiki teleskop, meningkatkan bagian-bagiannya, dan meningkatkan orbitnya.

Sejak misi terakhir pada tahun 2009, orbit Hubble perlahan-lahan menurun karena teleskop telah menyentuh tepi luar atmosfer Bumi. Sekarang sekitar 30 kilometer lebih dekat ke Bumi daripada tahun 2009.

Adapun, NASA tidak memiliki rencana untuk mengunjungi kembali Hubble. Panelis pada pengumuman studi berulang kali menekankan bahwa Hubble masih dalam kondisi yang baik.

Bahkan tanpa misi baru ke Hubble, observatorium ini diperkirakan akan bertahan selama beberapa tahun lagi.

“Berkat peningkatan misi servis sebelumnya, kami berharap Hubble tetap beroperasi hingga akhir dekade ini, jika tidak hingga dekade berikutnya,” kata Patrick Crouse, manajer proyek Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Meskipun akhir-akhir ini Hubble agak dibayangi oleh gambar-gambar menakjubkan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) NASA yang baru, Hubble terus menghasilkan gambar-gambar alam semesta yang menakjubkan.

Pada bulan Maret lalu, ia berhasil menampilkan bintang tertua yang pernah diketahui, minggu ini, ia mengambil beberapa pemandangan luar biasa dari misi DART, yang mengirim pesawat ruang angkasa ke jalur tabrakan dengan asteroid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya