YouTube Luncurkan Fitur Widget

Logo YouTube.
Sumber :
  • TechCrunch

VIVA Tekno – Platform streaming video terbesar di dunia, YouTube baru saja meluncurkan fitur terbaru pada aplikasinya yang diberi nama YouTube Widget.

Youtuber Paling Kaya di Dunia Rayakan Ulang Tahun Bagi-bagi Tesla Gratis

Melalui fitur widget ini, pengguna lebih dimudahkan dalam mengakses hanya melalui satu sentuhan dan tanpa perlu membuka aplikasi YouTube secara keseluruhan.

Saat ini untuk fitur tersebut, YouTube masih memfokuskan diri untuk pengguna pasa perangkat iOS dan iPadOS dan lebih dalam, YouTube juga telah meluncurkan dua widget homescreen yang berbeda untuk pengguna iPhone dan iPad, mengutip dari situs Gizchina, Senin, 17 Oktober 2022.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Fitur YouTube Widget

Photo :
  • Gizchina.com

Terdapat dua jenis Widget yang diluncurkan oleh YouTube itu.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Widget pertama yang disebut dengan 'Quick Actions Widget' berukuran 4×2 dan memiliki area Pencarian YouTube normal di mana pengguna dapat dengan cepat mencari apa pun yang diinginkan di YouTube.

Ada tombol mikrofon lain di sebelah kanan bilah pencarian dan tombol mikrofon ini yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian input suara di YouTube.

Di bawahnya, kami memiliki tiga tombol lainnya. Pertama adalah tombol home dan disaat mengetuknya akan membawa pengguna ke layar beranda YouTube.

Tombol kedua berfungsi sebagai tombol pintasan menuju YouTube Shorts dan tombol terakhir di paling kanan adalah tombol Langganan.

Widget kedua hadir dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan yang pertama. Widget ini disebut 'Widget Pencarian'. Memiliki ukuran 2x2. Akan sangat nyaman bagi pengguna yang menggunakan YouTube terutama untuk mencari konten.

Fitur YouTube Widget

Photo :
  • Gizchina.com

Adapun cara untuk mengaktifkan Widget YouTube tersebut pertama-tama, fitur baru ini datang sebagai pembaruan. Jadi, harus memperbarui aplikasi YouTube terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan Widget YouTube.

Setelah memperbarui aplikasi, buka aplikasi lalu tutup lagi dan kemudian mencari ruang kosong di homescreen.  Ketuk dan tahan ruang kosong selama beberapa detik.  Fitur pemilih widget akan muncul di sudut kiri atas ponsel dan harus menemukan Widget YouTube di antara widget-widget yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya