Mimpi Buruk Dapat Dibungkam dengan Piano, Kok Bisa?

Mimpi buruk bisa diatasi dengan piano.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Menggunakan teknik non-invasif untuk memanipulasi emosi kita, ini berpotensi mengurangi kengerian yang mengganggu tidur kita.

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 36 pasien yang didiagnosis dengan gangguan mimpi buruk menunjukkan bahwa kombinasi dari dua terapi sederhana telah mengurangi frekuensi mimpi buruk mereka.

Para ilmuwan mengundang sukarelawan untuk menulis ulang mimpi buruk yang paling sering dalam cahaya positif dan kemudian memutar suara yang terkait dengan pengalaman positif saat mereka tidur.

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

Ada hubungan antara jenis emosi yang dialami dalam mimpi dan kesejahteraan emosional kita, menurit psikiater Lampros Perogamvros dari Rumah Sakit Universitas Jenewa dan Universitas Jenewa di Swiss.

"Berdasarkan pengamatan ini, kami memiliki gagasan bahwa kami dapat membantu orang dengan memanipulasi emosi dalam mimpi mereka. Dalam penelitian ini, kami menunjukkan bahwa kami dapat mengurangi jumlah mimpi yang sangat kuat secara emosional dan sangat negatif pada pasien yang menderita mimpi buruk," jelasnya. 

Geger Inul Daratista Alami Penyumbatan Batang Otak Kiri, Begini Kondisinya

Ilustrasi mimpi buruk.

Photo :
  • U-Report

Banyak orang menderita mimpi buruk yang tidak selalu menjadi kasus sederhana. Mimpi buruk juga dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk, yang pada gilirannya dikaitkan dengan sejumlah besar masalah kesehatan lainnya.

Kurang tidur juga dapat meningkatkan kecemasan yang pada gilirannya dapat mengakibatkan insomnia dan mimpi buruk. Studi terbaru menunjukkan bahwa mimpi yang tidak baik dan gangguan tidur telah meningkat selama pandemi global SARS-CoV-2 yang sedang berlangsung.

Mengingat bahwa kita tidak benar-benar mengerti alasannya atau bahkan bagaimana otak kita menciptakan mimpi saat kita tidur, mengobati mimpi buruk kronis adalah suatu tantangan.

Salah satu metode non-invasif adalah terapi latihan citra di mana pasien menulis ulang mimpi buruk mereka yang paling mengerikan dan sering untuk memberi mereka akhir yang bahagia. 

Kemudian, mereka berlatih menceritakan kisah yang ditulis ulang itu kepada diri mereka sendiri, mencoba untuk menimpa mimpi buruk itu. Metode ini dapat mengurangi frekuensi dan keparahan mimpi buruk, tetapi pengobatannya tidak efektif untuk semua pasien.

Pada tahun 2010 para ilmuwan menemukan bahwa memainkan suara yang telah dilatih untuk diasosiasikan dengan stimulus tertentu, saat orang tersebut sedang tidur, membantu meningkatkan memori stimulus tersebut . 

Ini telah dinamai reaktivasi memori yang ditargetkan (TMR). Perogamvros dan rekan peneliti ingin mengetahui apakah itu dapat meningkatkan efektivitas terapi latihan citra (IRT).

Anak diajarkan main piano

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Setelah peserta penelitian menyelesaikan mimpi dan buku harian tidur selama dua minggu, para sukarelawan diberi satu sesi IRT. Pada titik ini, setengah dari kelompok menjalani sesi TMR, menciptakan hubungan antara versi positif dari mimpi buruk mereka dan suara.

Separuh lainnya berperan sebagai kelompok kontrol, membayangkan versi mimpi buruk yang tidak terlalu mengerikan tanpa terkena suara-suara positif.

Kedua kelompok menerima ikat kepala headphone tidur yang akan memainkan suara -akord piano C69- saat mereka tidur, setiap 10 detik selama tidur REM ketika mimpi buruk paling mungkin terjadi.

Kelompok-kelompok tersebut dievaluasi setelah dua minggu memasukkan buku harian tambahan dan setelah tiga bulan tanpa pengobatan apa pun.

Pada awal penelitian, kelompok kontrol memiliki rata-rata 2,58 mimpi buruk per minggu, dan kelompok TMR memiliki rata-rata 2,94 mimpi buruk mingguan, menurut situs Science Alert, Selasa, 1 November 2022.

Pada akhir penelitian, kelompok kontrol mengalami mimpi buruk mingguan 1,02, sedangkan kelompok TMR turun menjadi hanya 0,19. Yang lebih menjanjikan adalah di mana kelompok TMR melaporkan peningkatan mimpi bahagia.

leX_NygaKzU

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya