Inilah 5 Profil Orang-Orang yang Cocok Investasi Obligasi

Ilustrasi: orang bekerja di kantor
Ilustrasi: orang bekerja di kantor
Sumber :
  • www.pexels.com

VIVA – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan instrumen investasi obligasi. Ini merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan. Surat utang ini kemudian akan dibeli oleh investor dan menghasilkan keuntungan. Jenis investasi ini sekarang sangat populer, sama populernya dengan saham yang banyak dijadikan pilihan oleh milenial dan gen Z.

Lalu, bagaimana dengan surat utang itu sendiri? Siapa saja kira-kira yang cocok untuk berinvestasi di instrumen ini? Mari kenali lebih dekat seperti apa investasi dalam bentuk instrumen surat utang itu dan siapa saja yang cocok untuk menggunakannya sebagai aset investasi.

Pengertian Investasi Obligasi 
Investasi ini menggunakan surat utang dengan sifat jangka menengah dan jangka panjang. Surat utang tersebut bisa dikeluarkan oleh pemerintah maupun perusahaan dan memiliki jatuh tempo. Jatuh tempo ini merupakan waktu yang diperlukan oleh debitur untuk membayar biaya pokok kepada investor.

Melalui instrumen ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kupon yang diberikan secara berkala sesuai ketentuan dari pihak penerbit surat utang. Selain itu Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari hasil jual beli surat utang. Sebelum jatuh tempo, surat utang ini bisa diperjualbelikan kepada pihak lain. Anda bisa mendapatkan untung dari selisih harga jual dan beli surat utang tersebut.

Siapa Saja yang Cocok Melakukan Investasi Ini? 
Setelah memahami apa itu investasi obligasi, mari kenali lebih jauh siapa saja orang yang cocok untuk melakukan investasi tersebut. Seperti diketahui bahwa setiap instrumen investasi itu pasti memiliki risiko dan peluang untung yang berbeda-beda. Jadi orang yang bisa berinvestasi di aset tersebut juga berbeda-beda. Berikut adalah 5 kelompok orang yang cocok berinvestasi di aset surat utang:

? Investor yang Mempersiapkan Dana Pensiun
Pertama, orang-orang yang ingin mempersiapkan dana pensiun sangat cocok untuk menginvestasikan uangnya di aset ini. Banyak sekali orang yang mengabaikan persiapan dana pensiun. Apalagi orang orang yang usianya masih terbilang muda. Padahal persiapan dana pensiun ini seharusnya dimulai sedini mungkin, terutama saat masih muda dan produktif.

Surat utang bisa jadi pilihan aset investasi yang tepat untuk mencapai tujuan finansial ini. Alasannya, surat utang ini merupakan jenis instrumen yang aman dan memberikan kepastian. Apalagi untuk jenis surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah. Jaminannya lebih stabil daripada surat utang korporasi. Jadi sangat layak untuk dijadikan pilihan investasi demi memenuhi kebutuhan masa pensiun.

Halaman Selanjutnya
img_title