Ilmuwan Optimis Akan Segera Temukan Obat Untuk Mengobati Alzheimer

Batang otak
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Digilife – Obat Alzheimer baru yang revolusioner bernama Lecanemab dapat menjadi terobosan besar dalam pertempuran selama puluhan tahun melawan gangguan neurologis, menurut uji coba Fase 3 yang dilakukan para ilmuwan.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Uji coba yang berpotensi mengubah penyakit ini, terjadi pada Mei 2021, tetapi hasilnya baru dipublikasikan pada Selasa, 13 Desember 2022 di New England Journal of Medicine melalui New York Post

“Langkah pertama ini yang paling sulit; Saya benar-benar percaya itu mewakili awal dari akhir," kata Profesor John Hardy, pemimpin kelompok di UK Dementia Research Institute di University College London, menggambarkan temuan yang menjanjikan tersebut.

Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

Hasil uji coba Tahap 3 menemukan bahwa Lecanemab secara signifikan dapat mengurangi gejala neurologis pada pasien tahap awal Alzheimer. Secara khusus, itu ditemukan dapat memperlambat penurunan kognitif dan memori sekitar 27% setelah 18 bulan, ujar pengembang obat, Biogen dan Eisai. 

Batang otak

Photo :
  • nypost.com
Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Untuk menguji kemanjuran lecanemab, para ilmuwan melakukan uji coba pada 1.795 orang dewasa, berusia 50 hingga 90 tahun, yang menderita Alzheimer dini. 

Separuh dari peserta diberikan obat demensia sementara separuh lainnya diberi plasebo. Lecanemab, antibodi monoklonal yang disuntikkan setiap dua minggu, bekerja dengan membersihkan akumulasi amiloid, plak beracun di otak yang diyakini menyebabkan gangguan neurologis yang dapat melemahkan otak. 

Pada awal percobaan, peserta yang diberi lecanemab memiliki tingkat amiloid 77,92 centiloid – satuan amiloid yang telah diukur – dibandingkan dengan 75,03 pada kelompok plasebo.

Setelah 18 bulan, tingkat amiloid kelompok lecanemab anjlok sebesar 55,48 centiloid, sementara rekan mereka yang menggunakan plasebo meningkat sebesar 3,64 centiloid, tentu ini perbedaan yang signifikan.

Hasilnya menunjukkan bahwa "lecanemab memiliki potensi untuk membuat perbedaan yang bermakna secara klinis bagi orang yang hidup dengan tahap awal penyakit Alzheimer dan keluarga mereka dengan memperlambat penurunan kognitif dan fungsional," menurut Dr. Lynn Kramer, kepala petugas klinis penyakit Alzheimer dan kesehatan otak di Eisai. 

Ilustrasi Alzheimer atau Demensia

Photo :
  • Eat This

Namun, uji coba itu bukannya tanpa peringatan, karena beberapa peserta mengalami efek samping yang merugikan. Satu dari 10 dilaporkan menderita pembengkakan di otak - disebut kelainan pencitraan terkait amiloid, yang dikenal sebagai ARIA - sementara 1 dari 6 mengalami pendarahan otak. 

Meskipun komplikasi tersebut tidak berarti lecanemab tidak dapat diberikan, "penting untuk memiliki pemantauan keamanan yang ketat bagi orang yang menerima lecanemab, dan uji coba lebih lanjut untuk sepenuhnya memahami dan mengurangi risiko ini," menurut Hardy.

"Pasien perlu dipantau oleh MRI,” jelas Hardy. “Namun, ini tentu akan meningkatkan beban dan biaya terapi.”

Belum lagi uji coba hanya melibatkan orang dengan Alzheimer dini, yang menimbulkan pertanyaan apakah pasien akan dapat mengakses pengobatan setelah penyakit mereka berkembang.

Tumor otak di kepala Jones

Photo :
  • dailymail.co.uk

Terlepas dari itu, peneliti studi menyimpulkan bahwa "percobaan yang lebih lama diperlukan untuk menentukan kemanjuran dan keamanan lecanemab pada penyakit Alzheimer dini."

Terlepas dari risikonya, para ahli otak tetap optimis tentang potensi lecanemab untuk mengurangi penurunan kognitif yang disebabkan oleh Alzheimer. “Kesimpulan keseluruhannya sangat positif,” seru Profesor Bart De Strooper, direktur DRI Inggris. “Uji coba ini membuktikan bahwa penyakit Alzheimer dapat diobati.”

Lecanemab telah diberikan "tinjauan prioritas" oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, yang berarti mereka akan memutuskan apakah akan menyetujuinya untuk konsumsi publik dalam waktu enam bulan kedepan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya