4 Fakta Kucing Belang Tiga Jantan Sulit Ditemukan, Benarkah Dimakan Induknya?

Kucing belang tiga.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Digital – Kucing belang tiga atau yang lebih dikenal dengan nama calico cat tengah populer karena perpaduan warna bulunya yang sangat unik. Adapun perpaduan bulu pada kucing belang tiga adalah warna cokelat, putih, hitam, atau bisa juga oranye.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Perlu diketahui, “Belang tiga” sendiri hanya merujuk kepada pola warna pada bulu kucing, sehingga kucing ini tidak termasuk ke dalam salah satu ras kucing. Anehnya, Kucing belang tiga juga hampir selalu dimiliki oleh kucing betina, sehingga kucing jantan dengan belang tiga bisa dibilang cukup langka.

Kucing belang tiga

Photo :
  • Catlovers
5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Selain sekilas fakta di atas, kucing belang tiga ternyata juga memiliki beberapa fakta unik lainnya. Berikut kami telah merangkum beberapa sumber mengenai fakta unik kucing belang tiga yang perlu Anda ketahui.

1. Kondisi genetik langka

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Jika kucing jantan memiliki bulu belang tiga, umumnya hal ini terjadi karena kucing jantan memiliki gangguan atau kelainan. Kecacatan ini sendiri terjadi akibat lebihnya kromosom X pada kucing jantan, yaitu memiliki kromosom XXY.

Normalnya kucing jantan memiliki kromosom XY, sedangkan pada kucing betina adalah XX. Genetik kucing yang menyebabkan warna bulunya berwarna oranye atau berwarna hitam terkandung dalam kromosom X.

Bulu berwarna putih sendiri bukanlah gen warna, tetapi itu merupakan gen modifikasi yang tak terpengaruh dengan kromosom X atau Y tadi. Kelainan genetik yang dialami kucing jantan belang tida menyebabkan mereka tak memiliki umur panjang.

2. Dimakan Induknya

Kucing-kucing diduga diracun di Malang

Photo :
  • Instagram @rumahsinggahclow.

Dalam masyarakat kita beredar mitos yang mengatakan bahwa kucing belang tiga jantan ketika lahir pasti akan dimakan oleh induknya. Perlu diketahui, Induk kucing memang terkadang akan memakan anaknya yang baru lahir, tetapi induk kucing akan melakukan itu apabila sang anak sudah terlebih dulu mati.

Biasanya, kucing belang tiga jantan lahir dalam keadaan tak sempurna dan mati, sehingga induk kucing akan memakannya. Jika kucing belang tiga kemudian terlahir normal dan dapat hidup, maka induk kucing tidak akan memakan anak-anaknya.

3. Akan jadi penguasa

Soleh, kucing yang diangkat jadi pegawai baru Ditjen Pajak

Photo :
  • Twitter: DitjenPajakRI

Mitos yang juga berhubungan dengan kucing belang tiga selanjutnya adalah induk kucing yang akan memakan kucing belang tiga jantan. Hal ini sendiri disebut-sebut sebagai alasan induk kucing takut, sehingga kucing jantan atau anaknya kemudian akan menjadi penguasa di lingkungannya. Hal ini tentu hanya mitos belaka karena kucing belang tiga jantan saja sulit ditemukan karena kesalahan genetiknya yang menyebabkan ia tewas saat dilahirkan.

4. Kucing belang tiga jantan mustahil ditemukan

Faktanya, hampir semua kucing belang tiga berjenis kelamin perempuan. Sangat jarang sekali ada yang jantan. Kucing belang tiga 99,9 persen pasti betina. Jika ada yang berkelamin jantan, hanya dua warna saja yang dominan.

Olivia Benson kucing Taylor Swift

Photo :
  • Instagram @taylorswift
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya